Lihat Semua : infografis

3 Langkah Persiapan Vaksinasi Covid-19


Dipublikasikan pada 16 days ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 236


Indonesiabaik.id - Memasuki bulan ketiga vaksinasi covid-19, Pemerintah menyarankan tiga langkah inti persiapan calon penerima vaksin, agar proses vaksinasi lancar dan aman serta membawa dampak semaksimal mungkin atau sebutannya “TIGA, SEBELUM TIGA” untuk mereka yang akan vaksinasi Covid-19.

3 Langkah Persiapan Vaksinasi

  1. Lakukan Pendaftaran dan Pastikan Apabila Nama Sudah Terdaftar

Calon penerima vaksin yang merupakan sasaran vaksinasi pada periode ini sudah terdaftar di dalam Sistem Satu Data Vaksinasi yang dikembangkan pemerintah. Silahkan melakukan pendaftaran dengan cara yang tepat sesuai pentunjuk panitia penyelenggara sebelum datang ke tempat vaksinasi.

 

  1.  Periksa Kesehatan dan Pastikan Kondisi Fit Sebelum divaksinasi

Bagi calon penerima vaksin baik yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid, ataupun yang selama ini belum mengetahui kondisi kesehatannya seperti apa, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan meminta rekomendasi dokter sebelum menerima vaksin covid-19.

 

  1. Pelajari Rangkaian Proses Vaksinasi

Setidaknya ada 14 pertanyaan yang harus bisa dijawab calon penerima vaksin di meja penyaringan. Selain itu, pelajari semua tentang dampak ringan yang umum terjadi pascavaksinasi.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, ketiga persiapan diatas dapat membuka peluang penerima vaksin menikmati tiga dampak positif vaksin.

  1. Pertama, kekebalan tubuh penerima vaksin akan terbangun sehingga siap menghadapi serangan Covid-19 apabila sampai terpapar
  2. Kedua, beban tenaga medis akan turun dan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit akan meningkat drastis
  3. Ketiga, upaya memutus pandemi bersama-sama akan semakin terasa.



Infografis Terkait