3x Sehari, Jangan Lewatkan Jam Makanmu!

Siap Bangun Negara , Oktanti Putri Hapsari

14 days ago



Indonesiabaik.id - Halo SohIB! Siapa yang jam makannya tidak teratur atau sering menggabungkan sarapan dengan makan siang? Salah satu Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dengan Keputusan Nomor 41 Tahun 2014 adalah biasakan makan tiga kali sehari (pagi, siang dan malam). Makanan yang di konsumsi tubuh untuk menjaga kesehatan adalah makanan yang harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral serta serat.

Mengapa tiga kali sehari?

Nah, pasti SohIB bertanya-tanya, kenapa sih waktu makan dibagi menjadi tiga? Untuk memenuhi kebutuhan zat gizi harian tubuh, pemberian makanan disesuaikan dengan kemampuan sistem pencernaan. Hal ini dimaksudkan agar tidak memperberat kerja sistem pencernaan kita. Pengaturan makanan dibagi menjadi tiga tahap, yaitu makan pagi, siang dan malam. Kalau kebutuhan energi belum terpenuhi dengan tiga kali makan tersebut, waktu makan bisa ditambah dengan makan selingan di antara waktu makan utama. Tentunya pemilihan jenis makanan selingannya juga harus sehat dan bergizi ya!

Manfaat sarapan

Ayo siapa yang sering melewatkan sarapan? Mulai sekarang jangan lagi ya SohIB, karena sarapan berfungsi untuk menjaga kondisi tubuh, meningkatkan konsentrasi belajar dan sumber tenaga untuk beraktifitas. Jadi, sarapan membantu kita untuk tetap fokus dan bertenaga dalam melakukan aktifitas di pagi hari. Saat bangun tidur selama hampir 7-10 jam tubuh tidak memperoleh makanan apapun, itulah mengapa saat pagi hari kita perlu sarapan untuk mengisi kembali cadangan energi.

Manfaat makan siang

Makan siang berfungsi untuk mengisi kembali energi yang udah terpakai saat beraktifitas di pagi hari. Pada umumnya manusia tetap beraktifitas dari pagi hingga malam maka makan siang merupakan upaya menyediakan energi untuk beraktivitas.

Manfaat makan malam

Banyak anggapan bahwa melewatkan makan malam merupakan cara yang efektif buat berdiet, padahal makan malam juga penting untuk mempertahankan kesehatan. Mereka beranggapan kalau makan malam cuma akan menumpuk lemak, faktanya saat kita diam atau tidur pun tubuh tetap membutuhkan energi untuk menjalankan proses vital yang disebut BMR (basal metabolic rate). Energi tersebut digunakan untuk pernafasan, peredaran darah, fungsi ginjal, pankreas dan organ tubuh lainnya. Jadi, makan malam bertujuan untuk menyediakan energi bagi aktivitas organ tubuh.



    Tag :
  • infografis
  • yang muda suka data
  • kementerian kesehatan
  • pedoman gizi seimbang
  • permenkes nomor 41 tahun 2014
  • biasakan makan tiga kali sehari

Infografis Terkait