Lihat Semua : infografis

6 Tokoh Bangsa Penerima Gelar Pahlawan Nasional

Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 183


Indonesiabaik.id   -   Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional terhadap enam tokoh. Penganugerahan akan dilakukan di Istana Negara pada 10 November 2020. Mereka ditetapkan berdasarkan hasil kajian dari sejumlah pakar dan akademisi.

Sesuai pasal 15 Undang-Undang Dasar 1945 dinyatakan bahwa ”Presiden memberi gelar, tanda jasa dan lain-lain tanda kehormatan yang diatur Pelaksanaannya dengan undang-undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan”. 

6 Tokoh Penerima Gelar Pahlawan Nasional

Pada peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 dilaksanakan Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional kepada putra/putri terbaik bangsa atas pengabdian dan jasa-jasanya yang luar biasa  kepada Bangsa dan Negara. 

Enam calon penerima gelar Pahlawan Nasional tersebut, adalah Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara dan Mahcmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat. Dua tokoh ini akan menjadi Pahlawan Nasional pertama dari Maluku Utara dan Papua Barat.

Tokoh yang selanjutnya, adalah Jenderal Polisi Purnawirawan Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo yang merupakan Kapolri pertama dari DKI Jakarta. Kemudian Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara. Tokoh yang kelima, yakni Mr Sutan Mohammad Amin Nasution yang berasal dari Sumatera Utara. Terakhir, adalah Raden Mattaher bin Pangeran Kusen bin Adi dari Jambi.

Tentang peringatan Hari Pahlawan 2020, acara tahun ini akan berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Semua kegiatan akan mematuhi protokol kesehatan yang ketat tanpa mengurangi esensi peringatan Hari Pahlawan.



Infografis Terkait