Lihat Semua : infografis

Tujuh Sikap Indonesia untuk Rohingya

Dipublikasikan pada 3 years ago / Riset, Anggar Septiadi / Desain, Gemawan Dwi Putra /   View : 1.217


Presiden Joko Widodo menyampaikan pernyataan resmi terkait aksi kekerasan dan krisis kemanusiaan di Rakhine State, Myanmar. Pernyataan resmi tersebut dirangkum menjadi tujuh poin penting.

Poin pertama, Pemerintah menyesalkan aksi kekerasan yang terjadi di Rakhine, Myanmar. Penyesalan Pemerintah Indonesia ini tidak hanya berhenti pada pernyataan kecaman semata, namun dikuti dengan aksi nyata.

Hal ini terlihat dari pernyataan kedua, dimana pemerintah berkomitmen untuk membantu penyelesaian krisis kemanusiaan tersebut. Poin ketiga adalah melakukan diplomasi ke dunia internasional guna mendorong Pemerintah Myanmar menghentikan aksi kekerasannya.

Selanjutnya point keempat yaitu memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban. Pemerintah telah mengirim bantuan makanan dan obat-obatan untuk para korban. Poin kelima yaitu menampung korban pengungsi.

Poin selanjutnya adalah mengkoordinasikan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi di Bangladesh. Hal ini diimpementasikan dengan persiapan pengiriman bantuan kemanusiaan oleh Menlu Retno Marsudi. Pernyataan yang terakhir adalah mendorong seluruh pihak untuk menghentikan aksi kekerasan di Rakhine State.

 



Infografis Terkait