Lihat Semua : infografis

Apakah Semua Lansia Dapat Vaksinasi COVID-19?

Dipublikasikan pada 10 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 140


indonesiabaik.id - Untuk lansia yang akan mendapatkan vaksin COVID-19 ada proses skrining khusus dan juga berbagai pertanyaan tambahan untuk memastikan kondisinya sebelum divaksin.

Pertanyaan Tambahan

Beberapa pertanyaan akan diajukan oleh petugas skrining untuk memastikan bahwa kondisi lansia yang akan diberikan vaksin benar-benar aman.

Adapun pertanyaan itu seputar resistensi, aktivitas, penyakit lebih, dan usaha berjalan, serta keseimbangan berat badan. Jika terdapat 3 atau lebih jawaban YA untuk pertanyaan tersebut, maka vaksin tidak dapat diberikan.

Berikut pertanyaannya;

  • Apakah mengalami kesulitan untuk naik 10 anak tangga dan tanpa istirahat di antaranya?
  • Apakah sering merasa kelelahan?
  • Apakah memiliki paling sedikit 5 dari 11 penyakit utama?

(hipertensi, diabetes, kanker selain kanker kulit kecil, penyakit paru kronis, serangan jantung, gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke, dan penyakit ginjal)

  • Apakah mengalami kesulitan berjalan kira-kira sejauh 100-200 meter?
  • Apakah mengalami penurunan berat badan yang bermakna dalam setahun terakhir?

Vaksinasi Tahap Kedua

Sebanyak 21 juta lansia menjadi sasaran prioritas penerima vaksin COVID-19. Kategori lansia adalah masyarakat yang telah berusia 60 tahun ke atas.

Vaksinasi kepada masyarakat berusia lanjut 60 tahun ke atas juga menjadi bagian dari tahapan vaksinasi COVID-19 kedua. Vaksinasi ini telah dimulai sejak Senin, 8 Februari 2021, dengan tahapan awal diberikan kepada dokter senior RSCM dan Puskesmas di Jakarta.



Infografis Terkait