Lihat Semua : infografis

Solusi Digital untuk Asian Games 2018

Dipublikasikan pada 3 years ago / Riset, Anggar Septiadi / Desain, Gemawan Dwi Putra /   View : 3.375


Asian Games adalah event olah raga terbesar di Asia. Asian Games ke-18 akan diadakan di Jakarta-Palembang pada 18 Agustus – 2 September 2018 mendatang. Event itu mempertandingkan 39 cabang olah raga, 52 disiplin, dan 426 pertandingan. Ada sekitar 9.500 atlet, 5.500 ofisial dan wasit, 20.000 relawan dan tenaga kerja, serta 3.500 wartawan akan berada di Jakarta-Palembang untuk event ini.

Untuk mensukseskan Asian Games ke-18 itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan kompetisi hackaton online dengan tema “Feel The Experience Of Being Connected In 18th Asian Games 2018”.

Kompetisi ini akan dibagi menjadi dua kategori yaitu Sport Digital Experience dan Smart City Digital Experience. Sport Digital Experience ditujukan bagi aplikasi untuk memperkaya dan menambah pengetahuan para penonton saat menonton pertandingan dan berinteraksi dengan acara olahraga atau informasi event di perangkat apapun.

Beberapa contoh aplikasi yang dapat dibuat adalah informasi penonton seperti live score, jadwal pertandingan, hasil pertandingan, analisis pertandingan, info atau berita seputar pertandingan, dan sebagainya. Juga bisa aplikasi untuk memberikan dukungan kepada para atlet yang dapat dilakukan dengan cara baru (melalui digital).

Aplikasi untuk memberikan ekspose dan promosi untuk beberapa cabang olahraga yang kurang terkenal dan aplikasi atau game berbasis VR seputar olahraga atau acara. Juga aplikasi informasi atau panduan mengenai cabang olahraga atau event yang berkaitan.

Sedangkan tema Smart City Digital Services adalah aplikasi untuk menyediakan layanan digital yang mudah digunakan untuk para pengunjung, atlet, staf, relawan selama tinggal dan menginap di Jakarta dan Palembang dan beberapa tempat di sekitarnya.

Beberapa contoh aplikasi yang dapat dibuat adalah aplikasi seputar sistem transportasi yang tersedia. Aplikasi seputar jasa perjalanan dan turis lalu aplikasi keselamatan publik, darurat, layanan kesehatan dan laporan kejahatan.

Untuk lebih jelasnya lihat http://digitalchallenge2017.id



Infografis Terkait