Bersama-sama Mencegah Diri dari Covid-19

Yuli Nurhanisah , Chyntia Devina

one month ago


   

Indonesiabaik.id - Di tengah kondisi penyebaran virus corona, rasa panik atau bingung acapkali mampir. Akan tetapi jangan sampai kecemasan tersebut menepikan akal sehat dan kewaspadaan. Persiapkan diri Anda dengan melakukan sejumlah langkah pencegahan.

Penyebaran Virus Corona

Virus corona merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti MERS dan SARS. Dilansir dari cdc.gov, virus corona dapat menyebar dari orang yang terinfeksi ke orang lain melalui berbagai cara, seperti: Melalui udara dengan batuk dan bersin, kontak pribadi seperti menyentuh dan berjabat tangan. Menyentuh benda atau permukaan dengan virus di atasnya, kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan.

Gejala Virus Corona

Sekitar 20 persen pasien mempunyai kasus penyakit yang parah atau menjadi sakit kritis. Demam menjadi gejala paling umum di antara pasien yang terpapar corona. Penelitian yang melibatkan hampir 140 pasien di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan, mengidentifikasi pola khas gejala yang terkait dengan virus corona Covid-19.

Melansir dari website resmi Kementerian Kesehatan terkait gejala Novel coronavirus (2019-nCoV), yaitu:
1. Demam

2. Batuk dan Pilek
3. Gangguan Pernapasan
4. Sakit Tenggorokan

5. Letih dan lesu

Lakukan Langkah Pencegahan

Melansir dari Kemenkes mengenai hal-hal penting yang seharusnya mulai dibiasakan sebagai bentuk pencegahan virus corona atau COVID-19. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan  langkah pencegahan dengan cara

  1. Sering mencuci tangan menggunakan sabun. Selain itu tambahan dari WHO, dapat pula dengan disterilkan menggunakan air berbasis alkohol.
  2. Menggunakan masker ketika flu, batuk, dan pilek. Tutuplah hidung dan mulut menggunakan tisu ketika bersin, lalu membuangnya dan segera cuci tangan.
  3. Mengonsumsi gizi seimbang, dengan memperbanyak sayur dan buah. Pastikan seluruh bahan mentah yang akan dimakan, telah dicuci bersih.
  4. Berhati-hatilah kontak dengan hewan. Segera mencuci tangan setelah bersentuhan dengan binatang jenis apapun.
  5. Rajin berolahraga dan istirahat yang cukup. Disiplin waktu terhadap tubuh Anda, supaya tidak terlalu lelah dan tetap fit.
  6. Hindari konsumsi daging yang tidak dimasak, jika berkeinginan makan daging, harus yang benar-benar matang.
  7. Apabila menderita batuk, pilek, dan sesak nafas, segeralah menuju fasilitas kesehatan



    Tag :
  • virus corona
  • pencegahan virus corona
  • gejala virus corona
  • penyebaran virus corona
  • COVID-19
  • Kementerian Kesehatan
  • lakukan langkah pencegahan
  • yang muda suka data
  • Indonesiabaik.id.

Infografis Terkait