Bidang Kerja & Keterampilan yang Dibutuhkan di Masa Depan

Siap Bangun Negara , Oktanti Putri Hapsari

3 months ago



Indonesiabaik.id - Dunia saat ini memang tengah mencermati revolusi industri 4.0 ini secara saksama. Berjuta peluang ada di situ, tapi di sisi lain terdapat berjuta tantangan yang harus dihadapi. Revolusi industri 4.0 akan membawa banyak perubahan dengan segala konsekuensinya, industri akan semakin kompak dan efisien. Namun ada pula risiko yang mungkin muncul, misalnya berkurangnya Sumber Daya Manusia karena digantikan oleh mesin atau robot.

Di Indonesia sendiri akan kehilangan 50 juta peluang kerja akibat terjadinya penyimpangan (disrupsi) ekonomi dari revolusi digital atau revolusi industri keempat (4.0), sehingga semua pihak harus siap  menghadapinya.

Deputi Menteri Bappenas Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Pungky Sumadi mengatakan otomatisasi merupakan keniscayaan yang akan terjadi. Saat ini pun beberapa pekerjaan sudah mulai dilakukan dengan dibantu oleh mesin.

Sebanyak 52,6 juta pekerjaan akan ditergantikan oleh mesin. Sementara untuk lingkup dunia ada 60% jabatan yang digantikan oleh mesin. Pekerjaan di sektor perhutanan, pertanian, perikanan, dan perburuan akan digantikan oleh mesin hingga 49%. Sementara, di bidang pengolahan atau manufaktur angkanya lebih tinggi hingga mencapai 65%.

Di bidang perdagangan dan retail, pekerjaan yang hilang akan mencapai 53% dan di bidang konstruksi mencapai 45%. Untuk bidang transportasi juga salah satu bidang yang tinggi angka pekerjaan yang hilang yakni 65% karena hadirnya aplikasi berbasis teknologi informasi dan kecerdasan artifisial yang mampu memunculkan mobil angkutan tanpa pengendara di masa depan.

Jika tidak dibarengi dengan kesiapan pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk menghadapi otomatisasi ini, Pungky pun menyebut pengangguran besar tidak dapat terhindarkan. Masih ada sektor-sektor yang bisa dimanfaatkan dibalik tumbuhnya teknologi ini. Terpenting adalah setiap bidang menjamin sudah terciptanya kesetaraan sehingga tiap orang memiliki kesempatan untuk berkembang di bidangnya masing-masing sehingga mampu menciptakan industri kreatif yang mampu menciptakan lapangan kerja baru.

Karena jika tidak, ada sejumlah profesi dan tenaga kerja yang nantinya akan digantikan oleh mesin (otomatisasi). Contohnya seperti nelayan, tenaga kerja pabrik, pekerja kerajinan, pekerja kerajinan, operator mesin, las, dan pematerian. Juga profesi salesman, pedagang eceran, kasir, petugas tiket, pekerja konstruksi dan pandai besi, hingga karyawan administrasi, petugas gudang, dan lainnya.



    Tag :
  • infografis
  • yang muda suka data
  • bappenas
  • industri 4.0
  • digitalisasi
  • tantangan industri 4.0
  • milenial

Infografis Terkait