Cegah Penyebab Covid, Yuk Gunakan #MaskerUntukSemua

Yuli Nurhanisah , Abdurrahman Naufal

one month ago


   

Indonesiabaik.id-  Masyarakat yang hendak ke tempat kerja, berbelanja kebutuhan dasar, atau mengendarai sepeda motor dapat menggunakan masker kain. Sesuai dengan rekomendasi dari WHO, seluruh masyarakat harus menggunakan masker ketika terpaksa harus beraktivitas di luar rumah

Penggunaan Masker Kain

Dalam hal ini masyarakat disarankan lebih bijak dan menggunakan masker kain yang dapat dicuci dan digunakan berkali-kali, sebab masker bedah dan N-95 yang sekali pakai dan ditujukan untuk petugas medis.

Lebih lanjut, masker dari kain dapat dicuci menggunakan air sabun agar tetap bersih dan efektif untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Untuk penggunaan tidak lebih dari empat jam. Namun, pengguna masker kain juga perlu untuk menjaga jarak 1 sampai 2 meter untuk mencegah penularan virus Corona.

Rekomendasi APD Tingkat Masyarakat

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengkategorikan alat perlindungan diri (APD) dalam tiga tingkatan, yakni lokasi, cakupan, dan diperuntukkan untuk ruang prosedur dan tindakan operasi pada pasien dengan kecurigaan atau sudah terkonfirmasi Covid-19.

Sesuai dengan rekomendasi dari WHO, seluruh masyarakat harus menggunakan masker ketika terpaksa harus beraktivitas di luar rumah. Dalam hal ini masyarakat disarankan lebih bijak dan menggunakan masker kain yang dapat dicuci dan digunakan berkali-kali, sebab masker bedah dan N-95 yang sekali pakai dan ditujukan untuk petugas medis.

Masyarakat yang hendak ke tempat kerja, berbelanja kebutuhan dasar, atau mengendarai sepeda motor dapat menggunakan masker kain. Namun, untuk masyarakat yang menunjukkan gejala demam disertai batuk, nyeri tenggorokan, hidung berair, dan bersin-bersin dapat menggunakan masker bedah 3 ply.



    Tag :
  • COVID-19
  • penggunaan masker
  • rekomendasi APD tingkat masyarakat
  • masker kain
  • bnpb
  • maskeruntuksemua
  • yang muda suka data
  • Indonesiabaik.id.

Infografis Terkait