Cyberbullying, Perilaku Kekerasan Lewat Dunia Maya

Yuli Nurhanisah , Chyntia Devina

24 days ago



Indonesiabaik.idCyberbullying adalah penyalahgunaan internet untuk melecehkan, mengancam, mempermalukan, dan mengejek orang lain. Tanpa disadari, cyberbullying membawa dampak buruk bagi mereka yang dirundung, baik itu terhadap fisik dan psikisnya.

Cyberbullying di Indonesia

Data yang diperoleh UNICEF pada 2016, sebanyak 41 hingga 50 persen remaja di Indonesia dalam rentang usia 13 sampai 15 tahun pernah mengalami tindakan cyberbullying. Bahkan, satu dari tiga orang di 30 negara telah menjadi korban intimidasi online karena cyberbullying dan kekerasan.

Seseorang yang mengalami cyberbullying umumnya juga pernah mengalami bullying yang sama namun dengan metode yang sama, yaitu traditional bullying. Traditional bullying adalah tindak kekerasan baik berupa mengejek atau mengancam yang dilakukan langsung di depan korban.

Bentuk dan Dampak Cyberbullying

Tindakan kekerasan dunia maya di antaranya adalah doxing (mempublikasikan data personal orang lain), cyber stalking (penguntitan di dunia maya yang berujung pada penguntitan di dunia nyata), revenge pom (penyebaran foto atau video dengan tujuan balas dendam yang dibarengi dengan tindakan intimidasi dan pemerasan).

Sedangkan, bentuk cyberbullying sendiri meliputi penyebaran kebencian di sosial media, pengungkapan data pribadi seseorang di media sosial, pemberian komentar dan ujaran-ujaran kebencian hingga menjadi back stander yaitu ikut memberikan like pada postingan yang tergolong aksi bullying.

Dampak dari cyber bullying sendiri sangat berbahaya bagi seseorang, diantaranya penurunan rasa percaya diri, trauma yang berkepanjangan, hingga menyebabkan seseorang mengalami depresi. Selain itu, karena segala macam ketakutan dan kecemasan yang dialaminya, korban bisa menarik diri dari lingkungan sosialnya. Bahkan, korban cyberbullying akan merasa terluka, marah, takut, tidak berdaya, putus asa, terisolasi, malu, dan bahkan merasa bersalah pada dirinya sendiri.

Atasi Cyberbullying

Agar dapat hidup tenang baik dalam kehidupan nyata maupun di internet, ada cara ampuh melawan cyberbullying di media sosial yaitu:

  1. Sejak dini, berikan edukasi kepada anak mengenai etika di media sosial

  2. Perlakukan orang lain dengan baik

  3. Saring sebelum “sharing”

  4. Kirim selalu pesan-pesan positif

  5. Tidak merespon pesan dari pelaku

  6. Jika aksi cyber bullying terus berlangsung, laporkan kepada pihak berwajib



    Tag :
  • cyberbullying
  • kekerasan dunia maya
  • definisi cyberbullying
  • cyberbullying di Indonesia
  • bentuk cyberbullying
  • atasi cyberbullying
  • KPAI
  • Komisi Perlindungan Anak Indonesia
  • UNICEF
  • yang muda suka data
  • Indonesiabaik.id.

Infografis Terkait