Daftar Barang yang Tidak Boleh Dibawa Saat Terbang

Yuli Nurhanisah , Chyntia Devina

11 days ago



Indonesiabaik.id - Jika ingin bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, ada ketentuan mengenai barang apa saja yang tidak boleh dibawa. Menurut Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 127 Tahun 2015 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional (PKPN). Untuk menjamin keselamatan seluruh penumpang penerbangan, petugas avsec wajib melakukan pengendalian dan pemeriksaan keamanan.

Secara lebih lanjut, lampiran II huruf f peraturan menteri tersebut memaparkan daftar barang yang tak boleh dibawa pada saat penerbangan yang dibagi menjadi empat bagian.
Bagian pertama adalah alat peledak, yakni amunisi, blasting caps, detonator dan sekering, replika atau imitasi alat peledak, ranjau, granat, petasan, kembang api dan sejenisnya, tabung atau alat yang dapat mengeluarkan asap, dinamit, mesin dan bahan peledak plastik.

Bagian kedua, senjata, meliputi semua jenis senjata api, senjata tajam tradisional, senjata yang menggunakan tekanan angin, dan item yang dirancang untuk memotong.
Bagian ketiga, alat-alat berbahaya seperti senjata mainan, replika senjata dan senjata api tiruan yang dapat disalah gunakan untuk mengelabui sebagai senjata nyata. Lalu, perangkat yang dirancang khusus untuk melumpuhkan: perangkat pelumpuh dan pembunuh hewan.

Selanjutnya, bahan kimia, gas, dan semprotan yang dapat melumpuhkan seperti semprotan merica, capsicum, gas air mata, semprotan asam dan pembasmi hewan. Obyek dengan ujung atau sisi tajam yang mampu menyebabkan cedera serius. Alat yang bisa menyebabkan cedera serius atau mengancam keamanan pesawat berupa alat tumpul untuk memukul tongkat dan sejenisnya.

Serta bagian keempat, barang berbahaya yang diklasifikasikan menjadi sembilan jenis, yaitu bahan peledak, gas yang dimampatkan, dicairkan, atau dilarutkan dengan tekanan, cairan mudah menyala atau terbakar, bahan atau barang padat mudah menyala dan terbakar, bahan atau barang pengoksidasi, bahan atau barang beracun dan mudah menular, bahan atau barang radioaktif, bahan atau barang perusak, dan bahan atau zat berbahaya lainnya.

Apabila dalam pemeriksaan keamanan ditemukan barang yang dilarang masuk pesawat udara, maka barang tersebut harus ditahan oleh personel keamanan bandara. Barang tersebut dapat disimpan selama 1 bulan sebelum dimusnahkan. Sementara, khusus untuk penumpang yang membawa alat peledak akan diamankan ke kepolisian.



    Tag :
  • izin barang bawaan
  • daftar barang yang tidak boleh dibawa
  • ketentuan larangan barang bawaan saat terbang
  • Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 127 Tahun 2015
  • jenis barang yang dilarang
  • Kemenhub
  • Kementerian Perhubungan
  • yang muda suka data
  • Indonesiabaik.id.

Infografis Terkait