Lihat Semua : infografis

Data Penerima Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman

Dipublikasikan pada 8 days ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 274


Indonesiabaik.id - Pemerintah telah mulai mengirimkan short messages services (SMS) pemberitahuan kepada kelompok prioritas penerima vaksin tahap pertama. SMS tersebut terintegrasi dengan program PeduliLindungi untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Bagaimana dengan Keamanan Datanya?

Keamanan data penerima vaksin tentu dijamin pemerintah. Pengelolaan data tersebut, dilakukan berdasarkan peraturan dan perundangan yang sesuai dengan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 253 Tahun 2020.

Pertama, perolehan data pribadi termasuk data kependudukan dilakukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Kedua, data pribadi dilengkapi sistem keamanan sebagaimana diamanatkan ketentuan peraturan perundangan. Ketiga, data pribadi tidak dapat digunakan untuk keperluan selain penanganan COVID-19.

Selain itu, Aplikasi PeduliLindungi juga terintegrasi dengan sistem yang dikelola oleh Badan Siber dan Sandi Negara dan/atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan dipergunakan untuk kepentingan penanganan COVID-19.

Terakhir, dalam Pengoperasian dan pengelolaan Aplikasi PeduliLindungi, PT. Telekomunikasi Indonesia, tentu menyediakan sistem, penyimpanan data, dan konektivitas serta sistem keamanan serta pengoperasian dan pengelolaan Aplikasi PeduliLindungi wajib dilakukan sesuai ketentuan peraturan perundangundangan.



Infografis Terkait