Lihat Semua : infografis

Distribusi Vaksin COVID-19 Dipastikan Aman

Dipublikasikan pada 12 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 126


indonesiabaik.id - Bio Farma tengah menyiapkan sistem pelacakan (track & trace system) berbasis Internet of Things (IoT) untuk distribusi Vaksin COVID-19.

Memastikan Vaksin Aman

Vaksin COVID-19 merupakan instrumen penting sebagai langkah mengatasi pandemi di Indonesia, karena itu distribusinya harus dipastikan aman. Penggunaan Track & Trace System oleh Bio Farma menjadi salah satu kuncinya, merupakan satu sistem berbasis seperti barcode baik di vial maupun dusnya.

Kegunaan Track and Trace System

Penggunaan sistem ini berguna dalam nelacak keberadaan vaksin maupun kualitasnya secara digital hingga sampai ke penerimanya. Dimulai untuk pemantauan suhu, yakni Bio Farma menetapkan sensor temperatur pada truk berpendingin yang bisa dibaca selama perjalanan. Adapun suhu vaksin harus terjaga selama perjalanan dan ketika sampai. Untuk vaksin Sinovac temperaturnya harus terjaga antara 2 - 8° Celcius.

Selanjutnya untuk pemantauan lokasi, yakni Bio Farma melengkapi sistem GPS pada tiap truk berpendingin yang membawa vaksin. Hal itu berguna memastikan distribusi vaksin terarah dan jelas tujuannya serta meminimalisir kekacauan di lapangan.

Pencegahan Pemalsuan Vaksin

Untuk mencegah terjadinya tindakan yang tidak diharapkan saat proses distribusi vaksin seperti pemalsuan, Bio Farma menerpakan kode sistem identifikasi vaksin yang berbentuk seperti 2D Barcode, di dalamnya memuat banyak data. Terdapat informasi data produksi, expired date, hingga nomor unik serial tiap vaksin. Untuk satu vial memiliki satu identitas, sehingga ketika ada kesalahan, sistem akan langsung terdeteksi oleh Bio Farma.



Infografis Terkait