Hari Belanja Online Nasional 2019, Konsumsi Rumah Tangga Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Siap Bangun Negara , M. Ishaq Dwi Putra

2 months ago



Indonesiabaik.id - Konsumsi rumah tangga menyumbang 2,69% dari total 5,02% pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Triwulan III-2019. Guna menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap di atas 5% hingga akhir tahun, konsumsi rumah tangga bisa digenjot melalui Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12 Desember 2019.

Perayaan Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional di Tanah Air seperti tidak ada habisnya menawarkan berbagai macam produk dengan diskon gila-gilaan. Serunya lagi momen ini diikuti oleh hampir semua E-Commerce besar yang ada di Indonesia.

Pertumbuhan industri yang bergerak di bidang ritel online sendiri mengalami peningkatan yang lumayan signifikan dalam 10 tahun terakhir. Tercatat menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pertumbuhannya mencapai 17 persen.

Kebiasaan masyarakat kita yang hobi berbelanja emang menjadi potensi tersendiri bagi para perusahaan E-Commerce untuk saling berlomba menjadi yang terbaik. Salah satunya dengan cara ikut serta dalam pesta Harbolnas yang diadakan setiap akhir tahun.

Diawali 12 Desember 2012

Pada tanggal 12 Desember 2012 (121212) bisa dikatakan menjadi awal Hari Belanja Online Nasional diadakan di Indonesia. Pertumbuhan E-Commerce yang cepat saat itu membuat Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA) menjadi pihak yang mengadakan event tersebut.

Sedikitnya ada 6 perusahaan yang ikut serta dalam acara tersebut yakni Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka dan Bukalapak. Walaupun belum banyak, antusiasme masyarakat untuk berbelanja saat itu terbilang positif.

Di tahun ini, anggota idEA yang ikut dalam acara Harbolnas kami targetkan menjadi 300. Di tahun lalu, jumlah pemain e-commerce yang ikut mencapai 204 peserta.  Sementara itu, guna memberikan kemeriahan pelaksanaan tahun ini, pihak idEA juga akan melibatkan Gojek dan Grab sebagai mitra Harbolnas 2019.

Adapun, pada perhelatan kali ini Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) menargetkan nilai transaksi yang dihasilkan mencapai Rp7,8 triliun atau meningkat dari perolehan tahun lalu. Tercatat, sejak beberapa tahun belakangan, nilai transaksi saat Harbolnas selalu alami kenaikan signifikan. Pada 2017, nilai transaksi mencapai Rp4,8 triliun. Kemudian di tahun 2018, naik menjadi Rp6,8 triliun.



    Tag :
  • infografis
  • yang muda suka data
  • hari belanja online nasional
  • hari belanja online nasional 2019
  • harbolnas 2019
  • asosiasi ecommerce indonesia
  • konsumsi rumah tangga triwulan iii 2019
  • produk domestik bruto indonesia 2019
  • badan pusat statistik

Infografis Terkait