Hari Gini, Gak Ikut JKN BPJS Kesehatan? Rugi Bre!

Siap Bangun Negara , M. Ishaq Dwi Putra

2 months ago



Indonesiabaik.id - Kita mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, mengapa harus menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)? Apalagi kita dalam kondisi sehat sehingga hampir tidak pernah menggunakan layanan kesehatan. Nah, ada baiknya kita mengenal konsep Protection, Sharing, dan Compliance dalam Program JKN-KIS.

Protection berarti kita melindungi diri dan keluarga ketika sakit, terutama sakit berbiaya mahal. Saat kita dalam keadaan sehat, tentu jaminan kesehatan tidak dibutuhkan, namun ketika sakit, maka kemungkinan akan ada konsekuensi biaya yang ditanggung dan nominalnya tidak bisa diperkirakan. Disinilah proteksi dibutuhkan untuk menghindari diri dan keluarga dari sadikin (sakit sedikit miskin).

Sharing berarti kita sekeluarga dapat membantu yang sakit jika kita tetap sehat atau tidak memanfaatkan JKN-KIS. Sebelum ada Program JKN-KIS, banyak masyarakat yang sakit tidak mampu berobat karena kendala uang. Kini, Program JKN-KIS membuat keuangan masyarakat yang sakit terselamatkan. Di sinilah kehadiran kita sebagai peserta yang sehat memberi arti bagi orang lain yang sakit melalui iuran JKN-KIS yang dibayarkan setiap bulan.

Sedangkan compliance berarti kita sekeluarga taat sebagai warga negara yang menjalankan kewajiban untuk menjadi Peserta JKN-KIS sesuai Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Program JKN akan memberikan Anda pelayanan kesehatan di berbagai rumah sakit, baik negeri maupun swasta, secara cuma-cuma. Layanan yang akan diberikan oleh rumah sakit pun sangat beragam, mulai dari layanan rawat inap, tindakan medis, pelayanan kebidanan, obat-obatan, hingga mobil ambulans.

Selain itu, masih ada banyak lagi kelebihan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan BPJS. Apa saja? BPJS memberikan tiga kelas yang bisa dipilih oleh setiap peserta. Kelas tersebut akan berpengaruh terhadap iuran bulanan dan fasilitas kesehatan yang akan didapatkan nantinya. Pastinya, semakin tinggi kelas yang dipilih, semakin banyak juga fasilitas yang didapatkan. Namun, setinggi-tingginya kelas yang diambil, iuran yang dibebankan pun tetap terjangkau.

Berbeda dengan asuransi swasta, Anda tidak perlu mengikuti beragam syarat untuk jadi peserta BPJS. Iuran asuransi swasta pun berbeda, tergantung dari usia dan tingkat kesehatan dari peserta asuransi. Namun, BPJS menerapkan syarat yang sama untuk semua orang. Anda hanya perlu mendaftarkan diri dan membayar iuran setiap bulannya.

Sepanjang membayar iuran rutin setiap bulannya, Anda akan mendapatkan pelayanan kesehatan dari BPJS. Program jaminan kesehatan dari pemerintah ini pun menanggung kesehatan tiap pesertanya seumur hidup. Sejauh ini, belum ada asuransi swasta yang mau menanggung biaya kesehatan peserta sepanjang itu. Semua kelebihan itu bisa Anda dapatkan dengan catatan membayar iuran setiap bulannya sesuai dengan kelas yang Anda ambil.



    Tag :
  • infografis
  • yang muda suka data
  • bpjs kesehatan
  • iuran bpjs kesehatan
  • badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan
  • jkn
  • jaminan kesehatan nasional
  • defisit bpjs kesehatan
  • bpkp
  • Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional

Infografis Terkait