Lihat Semua : infografis

Hewan Endemik Indonesia Ikon Taman Nasional

Dipublikasikan pada 9 days ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 119


Indonesiabaik.id - Indonesia dikenal memiliki kekayaan alam yang melimpah. Keberadaan satwa di alam Indonesia merupakan daya tarik bagi wisatawan. Bahkan ada hewan yang hanya bisa ditemui di Indonesia. Dari sekian banyak, ada 5 yang jadi maskot taman nasional di Indonesia. Menarik!

Apa Saja Ya?

  1. Komodo

Komodo merupakan spesies kadal terbesar di dunia. Komodo hidup di Pulau Komodo, Flores, Nusa Tenggara. Komodo disebut sebagai naga purba yang masih hidup hingga sekarang. Sesuai dengan keberadaannya, tempat tinggal komodo dinamai Taman Nasional Komodo. 

 

  1. Gajah

Sekali mendengar Way Kambas, yang teringat langsung adalah hewan gajah. Memang TN Way Kambas di Lampung ini terkenal dengan gajahnya. TN ini berada di Lampung Timur dan merupakan perwakilan ekosistem hutan dataran rendah.

 

  1. Banteng Jawa

Banteng yang menjadi ikon Taman Nasional Baluran, SItubondo ini nyatanya tidak mudah ditemui. Pengunjung harus menjelajah ke dalam hutan bersama ranger untuk menemui hewan satu ini.

 

  1. Orang Utan

Tanjung Puting menjadikan orang utan sebagai ikonnya. Taman Nasional Tanjung Putting merupakan rumah bagi orang utan. Taman nasional yang diresmikan pada 1982 ini menjadi tempat rehabilitasi orang utan.

 

  1. Badak Sunda

Terletak di Provinsi Banten bagian barat, Taman Nasional Ujung Kulon dapat ditempuh 5 jam dari Jakarta. Walaupun ikon di Taman Nasional Ujung Kulon adalah Badak Sunda, akan tetapi hewan ini akan sangat sulit ditemui.



Infografis Terkait