Indonesia Tuan Rumah IORA 2017

Resi Prasasti,Mas Bon

6 months ago

173

dilihat

Indonesia Tuan Rumah IORA 2017

Indian Ocean Rim Association (IORA) adalah pelopor dan satu-satunya organisasi regional di wilayah Samudera Hindia. Organisasi ini penting karena Samudera Hindia berperan strategis terutama untuk ekonomi dunia dimana terhubungnya perdagangan internasional dari Asia ke Eropa dan sebaliknya.

Indonesia secara resmi memegang keketuaan IORA periode 2015 – 2017 dengan Afrika Selatan sebagai Wakil Ketua pada Pada Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) ke – 15 di Padang. Indonesia adalah satu-satunya ketua IORA yang menetapkan tema selama masa keketuaan, yaitu "Strengthening Maritime Cooperation in a Peaceful and Stable Indian Ocean".

Selama masa keketuaanya, Indonesia berkomitmen untuk mengadakan program kegiatan konkrit bekerja sama dengan Kementerian dan Lembaga RI terkait, yaitu: (i) The 3rd Indian Ocean Dialogue; (ii) International Symposium "IORA 20thAnniversary: Learning from Past and Charting the Future"; (iii) IORA Business Innovation Center (BIC); (iv) IORA Guide for Investment; (v) The 2nd Blue Economy Conference; (vi) Regional Workshop: "Interseksi Kebudayaan dan Peradaban di Samudera Hindia"; dan (vii) IORAG Cultural Expo.



Infografis Terkait