Bantuan Kemanusiaan Untuk rohingya

  • rohingya
  • myanmar
  • Rakhine State
  • kemanusiaan
Siap Bangun Negara,Oktanti Putri Hapsari

2 months ago

165

dilihat

Bantuan Kemanusiaan Untuk rohingya

Pemerintah berkomitmen untuk terus membantu mengatasi krisis kemanusiaan, bersinergi dengan kekuatan masyarakat sipil di Indonesia dan juga masyarakat internasional. dari aspek diplomasi, komunikasi efektif telah dilakukan dengan pemerintah Myanmar.

Sementara itu dari aspek kemanusiaan, Pemerintah Indonesia telah memberikan beragam bantuan kemanusiaan ke Rohingya. Pada 29 September 2016, pemerintah menyiapkan 10 kontainer yang berisi mie instan, tepung gandum, makanan balita dan sarung untuk dikirim ke Rakhine State. Bantuan terus berlanjut hingga tahun 2017.

Pada Oktober 2017, pemerintah membangun Rumah Sakit Indonesia – Myanmar di Myauk U, Rakhine State. Saat ini proses pembangunan rumah sakit sudah sampai tahap pembangunan ruang dokter dan perawat. Dan saat ini pemerintah tengah menyiapkan bantuan makanan dan obat-obatan untuk pengunsi Rohingya di Bangladesh.

Presiden RI berharap bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia dapat diterima dengan baik sebagai bentuk kepedulian kepada sesama manusia dan tetangga dekat.

Bantuan ini merupakan tindakan nyata Pemerintah Indonesia yang dihargai tidak hanya oleh komunitas ASEAN tetapi juga oleh masyarakat internasional. Selanjutnya, Pemerintah RI juga telah melakukan koordinasi dengan masyarakat Indonesia serta pemangku kepentingan lainnya untuk membantu menyalurkan bantuan langsung ke Rakhine State.



Infografis Terkait