Kalender Olahraga di Tengah COVID-19

Yuli Nurhanisah , Chyntia Devina

2 months ago


   

Indonesiabaik.id - FIFA menunda kedatangan ke Indonesia untuk mengecek kesiapan Piala Dunia U-20 2021. Penyebabnya, merebaknya penyebaran virus Corona di Tanah Air. Semula, FIFA akan menyambangi Indonesia pada pertengahan Maret 2020. Namun, terpaksa dijadwal ulang hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan.

PSSI sendiri telah melakukan sejumlah inspeksi kepada 11 stadion yang diusulkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Nantinya, dari 11 stadion, akan dipilih enam stadion yang bakal menjadi tuan rumah ajang yang digelar 20 Mei hingga 11 Juni 2021.

Agenda Olahraga di Tengah COVID-19

  1. MotoGP Thailand

Seri balap MotoGP Thailand 2020 resmi ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Beberapa perubahan yang dimaksud adalah race di Qatar dan Thailand. Race di Qatar mestinya digelar pada 8 Maret 2020 mendatang yang sekaligus membuka kelas primer MotoGP. Namun, hal tersebut dibatalkan karena pencegahan corona yang memang sedang masif di negara tersebut.

Adapun, race di Thailand yang sedianya bakal menjadi race kedua diundur menjadi 4 Oktober. Ini menggeser race di Aragon yang mestinya digelar pada tanggal tersebut menjadi 27 September.

  1. Formula E dan Formula 1

Selain MotoGP, ajang balap Formula E dan Formula 1 juga ikut tertunda karena virus ini. Jelas saja ditunda, balapan ini ternyata akan dilaksanakan di China di mana tempat virus ini berasal. Maka dari itu, balapan ini resmi ditunda untuk mengantisipasi penyebaran lebih meluas.

  1. Badminton Asia Championship

Penundaan agenda olahraga juga terjadi pada Badminton Asia Championship (BAC) 2020 yang akan berlangsung di Wuhan, China. Untuk ajang kejuaraan badminton ini, lebih tepatnya dibatalkan karena sumber yang terlalu dekat dengan sumber virus Corona. Sebelumnya, kejuaraan ini akan dilaksanakan pada 12-26 April 2020 mendatang. 

  1. Liga Champions Asia

Pertandingan Liga Champions Asia 2020 (AFC) pun terkena imbasnya. Sebanyak enam pertandingan terpaksa harus ditunda karena masalah virus Corona. Akibatnya, empat klub Iran terkena dampak penundaan saat pihak AFC mengumumkan situasi darurat tersebut.

Begitu juga dengan pertandingan-pertandingan kualifikasi Piala Dunia bulan depan yang ikut terganggu dan pertandingan playoff Olimpiade putri yang melibatkan Tiongkok, Korea Selatan, Vietnam, dan Australia akan dijadwalkan ulang.



    Tag :
  • COVID-19
  • virus corona baru
  • agenda olahraga terimbas corona
  • daftar olahraga terimbas corona
  • yang muda suka data
  • Indonesiabaik.id.

Infografis Terkait