Karantina Selesai, WNI dari Wuhan Bebas Corona

Yuli Nurhanisah , Yuli Nurhanisah

one month ago


   

Indonesia Baik - Sebanyak 238 warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China, telah selesai menjalani 14 hari masa observasi virus corona dan meninggalkan Natuna, pada Sabtu (15/2/2020).

Sebanyak 285 warga negara Indonesia (WNI) yang sudah menjalani karantina selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau, akhirnya diterbangkan ke Jakarta. Hal ini menandai berakhirnya masa karantina yang dilakukan pemerintah terhadap WNI dari Wuhan.

Jumlah Peserta Karantina

Total ada 285 orang yang diobservasi di Natuna  terkait virus corona yang terdiri atas 237 WNI, satu WNA, lima orang dari tim Kementerian Luar Negeri, 18 orang pegawai Batik Air, dan 24 tim penjemput. 

Pemulangan WNI yang dikarantina di Natuna berlangsung dengan tiga kali keberangkatan. Mereka dibawa pesawat Boeing 737 dan Hercules milik TNI AU. Kementerian Kesehatan bahkan menyatakan 285 orang yang dikarantina dalam keadaan sehat semua.

Kondisi Kesehatan

Setelah dipastikan negatif COVID-19, mereka akan langsung dipulangkan ke daerah masing-masing karena tiket sudah diberikan ke daerah tujuan para WNI tersebut. Selanjutnya, di daerah masing-masing mereka akan diperiksa secara berkala untuk memastikan kondisi mereka tetap sehat.

Adapun virus corona ini mulai terdeteksi di kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok pada awal Desember 2019. Pemerintah ternyata tidak hanya mengarantina dan memulangkan 238 warga negara Indonesia yang dievakuasi dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Sejumlah orang itu juga dibekali surat keterangan sehat dan bebas dari virus corona.



Infografis Terkait