Lihat Semua : infografis

Masa Simpan Vaksin Impor Sinovac Masih Aman, Tidak Kedaluwarsa


Dipublikasikan pada 26 days ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 153


Indonesiabaik.id - Kementerian Kesehatan menjelaskan tentang isu yang beredar bahwa vaksin COVID-19 produksi Sinovac telah memasuki masa kedaluwarsa. Menurut Kementerian Kesehatan, vaksin tersebut bukanlah kedaluwarsa melainkan shelf life atau masa simpan.

Masa Simpan Vaksin Covid-19

Berdasarkan data stability produk vaksin Sinovac dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), diklaim bahwa vaksin COVID-19 produksi Sinovac memiliki masa simpan selama 6 bulan. Ketentuan ini bukan mempercepat masa simpan vaksin, melainkan wujud kehati-hatian pemerintah dengan tidak begitu saja menerima data dari produsen.

Vaksin Sinovac yang datang pada tahap pertama sejumlah 3 juta dosis, terdiri dari 1,2 juta dosis vaksin tiba awal Desember dan 1,8 juta dosis vaksin tiba pada akhir Desember 2020, diproduksi pada September-November 2020 dengan shelf life dari produsen selama 3 tahun.

Adapun masa simpan 1,2 juta dosis vaksin tersebut adalah hingga 25 Maret 2021, sementara untuk 1,8 juta dosis vaksin memiliki masa simpan hingga Mei 2021. Namun demikian, vaksin tersebut telah habis digunakan untuk vaksinasi bagi tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik.

vaksin COVID-19 yang saat ini digunakan oleh pemerintah untuk vaksinasi tahap kedua bagi kelompok lanjut usia berumur 60 tahun ke atas dan tenaga pelayanan publik, menggunakan vaksin produksi Sinovac yang datang di tahap berikutnya dalam bentuk bahan baku atau bulk yang kemudian diproses oleh Bio Farma.

Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir, karena pemerintah menjamin keamanan, khasiat, dan mutu vaksin yang akan diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia. 



Infografis Terkait