Mempercantik dari Pinggir Revitalisasi 7 Pos Lintas Batas Negara

Abror Fauzi , Oktanti Putri Hapsari

2 years ago



Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan tujuh Pos Lintas Batas Negara (PLBN) akan tuntas pada 2018.

Ketujuh PLBN yang sudah selesai yakni Entikong, Badau, Aruk (Kalimantan Barat), Motaain, Matamasin, Wini (Nusa Tenggara Timur/NTT) kemudian Skouw (Papua). Meski sudah selesai, kementerian akan melakukan penataan kembali lingkungan sekitar PLBN dan menambah beberapa sarana pendukung lainnya.

PLBN Terpadu merupakan pos pemeriksaan lintas batas orang dan barang keluar masuk batas wilayah negara. Kantor perbatasan harus menjadi gerbang terluar Indonesia yang terlihat bagus dari negara tetangga.

Bangunan PLBN yang sudah selesai merupakan pembangunan tahap I yakni zona inti PLBN meliputi bangunan utama PLBN, bangunan pemeriksaan terpadu, rumah pompa, bangunan gudang sita, car wash, check point, serta Hardscape dan Landscape Kawasan.

Tahun ini, Kementerian PUPR melanjutkan pembangunan PLBN Tahap II yakni zona sub inti dan pendukung. Pekerjaannya berupa pembangunan perumahan petugas kepabeanan, keimigrasian, karantina, dan pengamanan, rumah ibadah, tempat makan, Wisma Indonesia, gedung serbaguna, kantor pengelola, serta pekerjaan pendukung lainnya.



Infografis Terkait