Lihat Semua : infografis

Mengenal Kegunaan 5 Obat Kombinasi untuk Lawan Covid-19

Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, -


Indonesiabaik.id - Kerja sama yang dilakukan Badan Intelijen Negara (BIN) dengan para peneliti kampus, khususnya peneliti Universitas Airlangga membuahkan hasil manis. Dari beberapa serangkaian ujicoba, peneliti Indonesia berhasil menemukan formulasi obat untuk menyembuhkan pasien Covid-19.

Formula Obat untuk Atasi Covid-19

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengumumkan lima kombinasi obat yang efektif untuk melawan virus Corona. Hasilnya menunjukkan obat ini bisa menurunkan jumlah virus Corona, dari jumlahnya ratusan ribu sampai tidak terdeteksi dalam waktu 24 jam.

5 kombinasi obat tersebut yaitu:

  1. Lopinavir-ritonavir-azitromisin
  2. Lopinavir-ritonavir-doksisiklin
  3. Lopinavir-ritonavir-klaritromisin
  4. Hidroksiklorokuin-azitromisin
  5. Hidroksiklorokuin-doksisiklin

Kegunaan 5 Kombinasi Obat

Dari 5 kombinasi tersebut, berikut  kegunaan dari masing-masing obat yang disebut efektif untuk menurunkan jumlah virus Corona.

1. Lopinavir-ritonavir

Lopinavir dan ritonavir adalah kombinasi obat antivirus yang digunakan untuk mengobati Human Immunodeficiency Virus (HIV). Virus itu bisa menyebabkan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS).

2. Azitromisin

Azitromisin atau azithromycin adalah obat untuk mengobati infeksi bakteri di berbagai organ dan bagian tubuh, seperti mata, kulit, saluran pernapasan, hingga alat kelamin. Obat yang termasuk dalam golongan antibiotik makrolida ini bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri.

3. Doksisiklin

Doksisiklin atau doxycycline merupakan antibiotik yang digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit karena infeksi bakteri. Obat ini juga bisa mengatasi berbagai penyakit akibat infeksi bakteri, seperti infeksi bakteri di paru-paru, saluran pencernaan, saluran kemih, mata, kulit, sampai infeksi menular seksual.

4. Klaritromisin

Hampir sama dengan doksisiklin, klaritromisin atau clarithromycin juga termasuk antibiotik makrolida yang bisa melawan bakteri dalam tubuh. Biasanya obat ini digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi bakteri yang mempengaruhi kulit dan sistem pernapasan.

5. Hidroksiklorokuin

Hidroksiklorokuin adalah obat quinoline yang digunakan untuk mengobati atau mencegah penyakit malaria, yaitu penyakit yang disebabkan parasit yang masuk ke tubuh melalui gigitan nyamuk. 



    Tag :
  • COVID-19
  • obat kombinasi
  • 5 kombinasi obat
  • kegunaan 5 kombinasi obat
  • formula obat atasi Covid-19
  • Badan Intelijen Negara
  • BIN
  • yang muda suka data
  • Indonesiabaik.id.

Infografis Terkait