Lihat Semua : infografis

Menikmati Koleksi Keris di Museum Keris Nusantara

Dipublikasikan pada 2 years ago / Riset, RM Ksatria Bhumi Persada / Desain, Bontor Paolo


Saat ini ada destinasi baru di Kota Solo, pengunjung bisa melihat barang-barang unik dan antik, Pusaka Khas Indonesia yaitu Keris. Museum Keris Nusantara dibangun sejak 2013 dan resmi dibuka untuk umum pada 9 Agustus 2017.

Museum ini terdiri dari empat lantai berbentuk trapesium seperti Candi Sukuh yang ada di Ngargoyoso Karanganyar. Selain itu desain interiornya memiliki dekorasi ukiran kayu berwarna emas di setiap sudut bangunannya. Beberapa ornamen gebyok dan juga wayang terdapat di museum ini.

Selain menampilkan 409 koleksi keris nusantara, museum ini juga menyediakan literasi pembelajaran mengenai keris. Tidak hanya itu, dilengkapi pula video visual mengenai perjalaan keris di Indonesia.

Pembangunan Museum Keris tidak lepas dari sejarah keberadaan keris di era Nusantara. Terdapat beberapa jejak sejarah keberadaan keris sejak dahulu kala di Indonesia. Seperti di Relief keris yang terdapat di salah satu panel Candi Borobudur (abad ke-9); Penyebutan ‘keris’ terdapat pada prasasti Karangtengah (824 Masehi); dan Dalam Prasasti Poh (904), keris difungsikan sebagai sesaji persembahan.

Dengan adanya keberadaan Museum Keris Nusantara, Bangsa Indonesia tidak hanya mencintai keris karena telah terdaftar sebagai warisan budaya dunia non-bendawi (UNESCO 2005) semata, namun juga berupaya melestarikan nilai sejarah keberadaan keris kepada generasi muda.



    Tag :
  • keris
  • museum
  • Surakarta
  • Prasasti

Infografis Terkait