Menjadi Lima Terbaik Dunia Pada 2045

  • ekonomi
  • lima terbaik. dunia
Mas Bon,RM Ksatria Bhumi Persada

one month ago

59

dilihat

Menjadi Lima Terbaik Dunia Pada 2045

Indonesiabaik.id -  Presiden Joko Widodo memiliki mimpi besar untuk masuk dalam jajaran lima besar negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada 2045 nanti, tepat 100 tahun Indonesia merdeka.

“Saat ini Indonesia berada di posisi negara dengan pendapatan menengah tetapi pada 100 tahun Indonesia merdeka di 2045 berarti kira-kira 30 tahun lagi posisi Indonesia akan berada pada lima besar ekonomi terbesar di dunia," kata Jokowi.

Di 2045, diproyeksikan Indonesia menjadi peringkat 5 PDB di dunia dengan nominal PDB sebesar USD 9.100 milyar, PDB per kapita USD 30.000 per tahun, dengan jumlah penduduk mencapai 300 juta jiwa dengan penduduk kelas menengah sebesar 82% dan penduduk usia produktif 52% dari total populasi.

Tentu saja hal itu dapat tercapai bila Indonesia mampu menjaga inflasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi juga membenahi banyak sektor seperti sektor infrastruktur, pengolahan dan jasa. “Karena tanpa itu, jangan harap kita dapat bersaing," ujarnya.

 

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan “Pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia adalah kombinasi yang baik untuk menjadi negara kuat secara ekonomi. Asal jangan adaturbulensi politik, hitungan kami pada 2040 – 2045, Indonesia akan menjadi 4 besar negara terkuat ekonomi dunia”.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada banyak sektor yang perlu dibenahi. Delapan tantangan Program Indonesia Emas 2045 antara lain: Tata kelola yang baik, Iptek yang mumpuni, tata ruang wilayah, meningkatkan kualitas SDM, efisiensi kinerja kementerian, pengelolaan SDA berkelanjutan, konektivitas daerah dan pastinya kesiapan infrastruktur.

Proyeksi ini tentu sulit diwujudkan sendirian. Dibutuhkan sinergi dari semua pihak terutama yang bersinggungan langsung dengan kedelapan tantangan di atas. Bila hal ini dapat tercapai, bukan tak mungkin Indonesia Emas 2045 dapat terlaksana.



Infografis Terkait