Migrain, Jenis dan Gejalanya

Siap Bangun Negara , Oktanti Putri Hapsari

7 days ago



Indonesiabaik.id - Migrain biasanya merupakan sakit kepala sedang atau berat dengan nyeri yang berdenyut di satu sisi kepala. Ketika mendapat serangan migrain, kepala akan terasa seperti ingin meledak. Selain itu, beberapa orang yang menderita migrain juga mengalami gejala seperti mual, muntah dan menjadi lebih peka terhadap cahaya atau suara.

Migrain merupakan kondisi kesehatan umum yang menyerang sekitar satu dari setiap lima wanita, dan sekitar satu dari setiap 15 pria. Biasanya, orang mendapat serangan migrain pada masa awal dewasa.

Penyakit ini lebih sering diidap wanita dibandingkan pria. Menurut hasil penelitian WHO, dari total populasi manusia berusia 18-65 tahun yang melaporkan pernah mengalami sakit kepala, sekitar 30 persen merupakan sakit kepala migrain.

Pada sebagian orang, serangan migrain dapat muncul hanya beberapa kali dalam setahun. Akan tetapi, pada penderita lainnya, migrain dapat muncul hingga beberapa kali dalam seminggu. Pada kasus tertentu, nyeri dapat muncul di kedua sisi kepala dan bahkan menyerang leher penderita.

Lalu ada berapa jenis migrain yang harus diketahui? Pertama ada migrain tanpa aura: sakit kepala migrain yang terjadi tanpa tanda-tanda atau gejala. Migrain tanpa aura didiagnosis setelah pasien diketahui memiliki sejarah serangan migrain sebanyak lima kali.

Berikutnya ada migrain dengan aura: tanda-tanda yang mengawali sakit kepala migrain disebut aura. Tanda-tanda yang dirasakan sebelum terjadi migrain ini umumnya berupa masalah penglihatan (kilatan cahaya pada mata), kekakuan pada leher dan kesemutan pada anggota tubuh. Migrain dengan aura juga dikenal sebagai migrain klasik. Jenis ini dialami sekitar sepertiga dari pengidap migrain.

Terakhir ada aura migrain tanpa sakit kepala di mana migrain terjadi ketika pengidap merasakan aura atau gejala migrain yang lain, tapi tanpa diiringi sakit kepala.



    Tag :
  • infografis
  • yang muda suka data
  • migrain
  • kementerian kesehatan
  • jenis migrain
  • gejala migrain

Infografis Terkait