Mobil Dinas Kepala Negara Dunia, Berapa Harga dan Apa Saja FIturnya?

Siap Bangun Negara , Abror Fauzi

12 days ago



Indonesiabaik.id - Presiden Joko Widodo dapat mobil dinas baru, Mercedes Benz S600 Guard. Berapa ya harganya? Apakah mobil tersebut lebih mahal dari mobil dinas kepala negara lain? Apakah ada yang memakai produk buatan produsen otomotif dalam negeri mereka? Simak yuk!

1. Mercedes-Benz S 600 Guard

Presiden Joko Widodo rencananya akan memakai Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai pengganti mobil dinas sebelumnya S-600 Pullman Guard yang juga pernah dipakai Presiden sebelumnya Susilo Bambang Yudhoyono. Mobil berukuran panjang 5,4 meter ini dirancang dengan tingkat keamanan VR9. Mobil ini telah diuji dan mendapat sertifikasi oleh organisasi yang diakui di berbagai negara. Mercy S 600 Guard juga dilengkapi dengan inovasi teknologi terbaru. Seperti Driver Assistance PLUS, atau sistem bantuan DISTRONIC PLUS. Di mana pengemudi bisa dimudahkan dengan adanya teknologi Stop & Go Pilot, Rem BAS PLUS, Active Blind Spot Assist, Active Lane Keeping Assist, PRE-SAFE Brake dengan pengenalan pejalan kaki, dan rem parkir listrik. Tak hanya itu, ada juga fitur Night View Assist Plus, Sistem Lampu Cerdas LED, dan Kamera 360. Mercy S 600 Guard juga banyak digunakan kepala pemerintahan di sejumlah negara. Mobil yang diproduksi khusus di Sindelfingen, Jerman, memiliki ketahanan dari berbagai ancaman peluru hingga bom dengan mengandalkan sasis baja pada bodi dan lapisan tertentu pada kaca hingga ban jenis Run Flat yang bisa tetap dipakai dalam kondisi darurat sekalipun.

2. Aurus Senat

Limusin Aurus Senat merupakan mobil produksi lokal (Rusia) yang dikembangkan oleh Central Scientific Research Automobile and Automotive Engines Institute (NAMI) di Moskow. Untuk harga, mobil dengan mesin V8 4,4 liter ini ditaksir Rp 2,28 miliar. Mobil ini digunakan Presiden Rusia Vladimir Putin. Aurus Senat sendiri tidak dibuat di atas banyak platform, melainkan hanya memakai basis tunggal yang bisa dikembangkan menjadi banyak model. Seperti, Sedan, limusin, minivan, hingga mobil sport. Mobil ini pertama kali digunakan dalam pelantikan Presiden Rusia, Vladimir Putin pada Mei 2018, sebelum mejeng di Moscow International Auto Saloon pada 29 Agustus 2018. Aurus Senat sendiri kabarnya akan diekspor ke beberapa negara di Eropa. Mulai dari kelas Sedan hingga limusin mewah kabarnya tengah dalam proses penyelesaian sertifikasi masuk ke benua biru.

3. Hongqi L5

Hongqi L5 dikenal sebagai mobil super mewah dan tentunya mahal. Tak heran jika Hongqi L5 digunakan sebagai mobil dinas presiden Xi Jinping. Merek Hongqi sendiri sudah menjadi kendaraan dinas presiden Cina sejak tahun 1960-an. Adapun harga mobil bongsor ini dibanderol sekitar Rp 11 miliar lebih. Ya, dengan harga selangit itu, Hongqi L5 memang diciptakan sebagai limusin mewah dengan perpaduan sempurna antara tradisi dan modernitas. Adapun ciri khas yang menonjol dari mobil ini adalah kehadiran batu giok di setiap gagang pintu.

4. Toyota Century Royal

Para Perdana Menteri Jepang kabarnya menggunakan Toyota Century Royal untuk aktivitas sehari-hari. Toyota Century diketahui memulai debutnya pada 1967. Varian Century sendiri memang dikenal sebagai pilihan kendaraan favorit kelas atas di Jepang. Tak heran jika para petinggi negara mereka, tak terkecuali Perdana Menteri Jepang memilih Toyota Century Royal sebagai kendaraan operasionalnya. Adapun harganya, mobil ini ditaksir Rp 1,2 miliar.

5. Cadillac

Amerika Serikat diketahui menggunakan limusin Cadillac One atau yang dikenal The Beast. Limusin lapis baja ini diklaim memiliki tingkat keamanan dengan sistem ofensif dan defensif sesuai standar pasukan pengamanan presiden Amerika Serikat, Secret Service. Fitur di dalam mobil ini konon sangat canggih. Cadillac One sendiri diketahui berbobot 8 ton dengan bodi dan kaca anti peluru. Mobil ini di atas kertas tahan dari serangan roket dan bahkan senjata kimia. Tak hanya itu mobil ini juga memiliki sistem anti kebakaran yang umumnya tersemat pada mobil balap seperti formula one. Adapun harga mobil yang kerap ditunggangi Donald Trumph ini ditaksir mencapai 1,2 juta poundsterling atau setara Rp 23 miliar.

6. Jaguar XJ Sentinel

Perdana Menteri Inggris diketahui menggunakan Jaguar XJ Sentinel sebagai kendaran dinas. Mobil ini memang sudah dilengkapi dengan lapisan anti-peluru. Bodi mobil pun terbuat dari kerangka baja kuat. Ya, cocoklah untuk perdana menteri baru Inggris, Boris Johnson. Selain itu, Jaguar XJ Sentinel juga memiliki fitur pijat di dalam mobil. Adapun harga mobil dengan mesin supercharged 5.0 liter V-8 ini ditaksir berada pada kisaran Rp 6,48 miliar.

7. New Peugeot 5008

New Peugeot 5008 dipilih menjadi mobil dinas Presiden Prancis, Emanuel Macron. Mobil ini kabarnya sudah mendapat sentuhan khusus standar pengamanan Presiden Prancis, yakni Centigon Security Group untuk memberikan modifikasi khusus untuk New Peugeot 5008 ini. Selain telah menggunakan lapisan baja dan anti peluru, SUV tujuh kursi ini juga diubah ala Limusin. Peugeot 5008 juga dilengkapi perangkat komunikasi khusus, penyaringan udara, lampu, tempat dokumen penting, serta sirine darurat. Untuk harga umumnya (bukan mobil presiden), mobil ini terbilang murah, yakni berkisar Rp 800 sampai Rp 900 jutaan.

8. Mercedes-Benz 600 Landau vintage

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menggunakan Mercedes-Benz 600 Landau vintage sebagai kendaraan dinasnya. Mobil ini dibanderol seharga USD 41.600 atau sekitar Rp 583 juta. Ada banyak kecanggihan yang dimiliki mobil dinasnya ini, seperti memiliki reclining seat (bangku yang bisa direbahkan) dan sistem multimedia. Dan tentunya mobil ini memilik eksterior dan jendela yang tebal.



    Tag :
  • infografis
  • yang muda suka data
  • mobil dinas presiden
  • mobil dinas kepala negara dunia
  • mobil dinas Jokowi
  • mercedes benz s600 guard

Infografis Terkait