Lihat Semua : infografis

Museum Maestro Seni Rupa Indonesia

Dipublikasikan pada 2 years ago / Riset, RM Ksatria Bhumi Persada / Desain, Bontor Paolo


Indonesia memiliki segudang Maestro Seni Rupa. Beberapa nama yang umum dikenal masyarakat telah didirikan museumnya sebagai bentuk dedikasi dan penghargaan pada karya sang maestro. Kehadiran museum ini dapat membantu penikmat karya seni untuk dapat mengenal lebih dekat sosok pelukis kebanggaan bangsa.

Berikut lima museum yang diambil dari nama Maestro Seni Rupa Indonesia yang karya abadinya bisa dinikmati pengunjung hingga kini. (1) Museum Sindusudarsono Sudjojono, salah satu lukisannya berjudul “Pasukan Kita yang Dipimpin Pangeran Diponegoro” terjual seharga Rp85,7 miliar. (2) Ciputra Art Museum Hendra Gunawan, Ia sering melukis kehidupan rakyat Indonesia. Salah satu karya terkenalnyaberjudul “Bathing in the Shower”.

(3) Museum Basuki Abdullah, karya seninya tersebar diberbagai lebih dari 22 negara. Salah satu karyanya, lukisan Ratu Belanda, Juliana, yang dibuatnya pada 1948, menjadi koleksi Istana Kerajaan Belanda. (4) Museum Affandi Kusuma, Sebanyak 2000 lukisan telah dihasilkan sepanjang hidupnya. Sejak 1950 karyanya sudah sering dipamerkan secara tunggal di berbagai negara Asia, Eropa dan Amerika. (5) Raden Saleh Syarif Bustaman, lukisannya menghiasi sejumlah museum di dunia seperti Rijkmuseum di Belanda dan Louvre di Perancis, Lindenau di Jerman, bahkan menjadi koleksi Ratu Elizabeth II dari Inggris.



    Tag :
  • museum
  • Raden Saleh
  • Affandi Kusuma
  • Basuki Abdullah
  • Sindusudarsono Sujoyono
  • Hendra Gunawan

Infografis Terkait