Lihat Semua : infografis

Nggak Nyaman Pakai Masker Seharian Karena Bau Mulut?

Dipublikasikan pada 2 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 201


indonesiabaik.id - Bau mulut saat memakai masker di masa pandemi COVID-19 pasti ngga nyaman kan? Saat protokol kesehatan mewajibkan kita untuk memakai masker, memang susah untuk mengabaikan napas sendiri saat menggunakannya. Meskipun memiliki fungsi penting, kerap penggunaan masker dalam waktu yang lama menimbulkan rasa tidak nyaman, salah satunya karena bau mulut.

Konsultan senior di National Dental Centre Singapore Departemen Restorative Dentistry Dr Koh Chu Guan, menjelaskan ketika kita bernapas, terutama dengan mulut kita, udara lembab dan busuk yang dihasilkan oleh bakteri terjebak dalam kain masker. Lalu saat tetesan mengering, ada bau yang tertinggal pada kain masker

Menurutnya, jika kain masker berbahan tipis, akan tidak terlalu bermasalah karena akan lebih sedikit udara yang "terjebak". Juga saat bernapas lewat mulut dengan memakai masker, akan sebabkan efek pengeringan mulut yang membuat bau.

Beberapa penyebab umum bau mulut tak sedap

  • Dehidrasi dan mulut kering

  • Tidak menjaga kebersihan mulut

  • Merokok

  • Konsumsi makanan atau minuman pemicu bau mulut, seperti kopi, bawang putih, dan bawang bombay

Jika kamu mengalami bau mulut ketika mengenakan masker, bisa jadi beberapa hal di atas adalah penyebabnya. Tidak perlu khawatir, yuk coba atasi kondisi ini.

  1. Minum cukup air putih untuk cegah dehidrasi

Dalam kondisi dehidrasi atau kurang cairan tubuh, bisa berakibat pada mulut kering. Ketika mulut kering, bakteri bisa berkembang dan menimbulkan bau mulut. 

  1. Rutin sikat gigi untuk mengusir bakteri pemicu bau mulut

Hindari minuman dan makanan pemicu bau mulut seperti kopi, bawang putih, dan bawang bombay.

  1. Tidak merokok

Merokok membuat mulut jadi mudah kering, rentan terkena infeksi gigi, dan timbul bau mulut. Apalagi saat mengenakan masker, tentu tak nyaman rasanya ketika menghirup aroma rokok dari napas sendiri.

  1. Berkumur dengan obat kumur agar gigi dan mulut terlindungi

  2. Kunyah permen karet rendah gula untuk menstimulasi produksi saliva untuk mencegah bau mulut akibat perkembangan bakteri.



Infografis Terkait