Pelayanan Kesehatan Yang Tidak Ditanggung BPJS

Abror Fauzi , M. Ishaq Dwi Putra

one month ago



Indonesiabaik.id - Hadirnya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) menjadi salah satu asuransi kesehatan wajib bagi warga Indonesia yang dikelola oleh pemerintah melalui BPJS Kesehatan. Namun, belum semua warga menggunakan dan mendaftarkan dirinya karena berbagai alasan. Salah satunya karena minimnya informasi mengenai produk kesehatan yang satu ini.

Memang ada banyak layanan yang ditanggung BPJS Kesehatan, bahkan hingga seumur hidup. Namun, tidak semua pelayanan kesehatan ditanggung dan dijamin oleh BPJS Kesehatan. Berikut adalah daftar pelayanan yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan, mengacu pada buku panduan layanan bagi peserta BPJS Kesehatan.

Tapi, pelayanan kesehatan apa saja yang tidak akan Anda dapatkan atau fasilitas kesehatan apa saja yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan? Pertama adalah pelayanan kesehatan yang dilakukan tanpa melalui prosedur yang berlaku. Lalu pelayanan kesehatan yang dilakukan di fasilitas kesehatan yang tidak bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, kecuali dalam keadaan darurat.

Apa lagi yang tidak ditanggung? Pelayanan kesehatan yang telah dijamin oleh program jaminan kecelakaan kerja hingga besaran biayanya mencapai kesepakatan maksimal. Berikutnya, pelayanan kesehatan yang telah dijamin oleh program jaminan kecelakaan lalu lintas yang bersifat wajib hingga besaran biayanya mencapai kesepakatan maksimal.

Pun dengan pelayanan kesehatan yang dilakukan di luar negeri. Kemudian pelayanan kesehatan dengan tujuan estetika atau mempercantik tampilan diri seperti operasi plastik atau memutihkan gigi. Pelayanan kesehatan untuk mengatasi infertilitas (masalah kesuburan) seperti bayi tabung hingga pelayanan kesehatan untuk meratakan gigi (ortodontis).

Lalu penyakit dan gangguan kesehatan akibat ketergantungan obat-obatan atau alkohol. Juga masalah kesehatan akibat sengaja menyakiti diri sendiri atau akibat dari hobi yang membahayakan diri sendiri. Hingga pengobatan tambahan, alternatif, dan tradisional seperti akupuntur, shin she, chiropractic dan berbagai jenis pengobatan lainnya yang belum dinyatakan efektif berdasar pada penilaian teknologi kesehatan.

Berikutnya yang tidak ditanggun adalah pengobatan dan tindakan medis yang dikategorikan sebagai percobaan (eksperimen). Lalu pembayaran untuk alat kontrasepsi, kosmetik, makanan bayi, dan susu. Perbekalan kesehatan rumah tangga, pelayanan kesehatan akibat bencana dan kejadian luar biasa atau wabah yang sedang menyerang. Terakhir, biaya pelayanan lainnya yang tidak berhubungan dengan manfaat jaminan kesehatan yang diberikan dan klaim perorangan.

Nah, dengan mengetahui apa saja fasilitas yang ditanggung BPJS Kesehatan dan yang harus Anda tanggung sendiri, Anda bisa mempersiapkan perlindungan terhadap segala kemungkinan.



    Tag :
  • infografis
  • yang muda suka data
  • bpjs kesehatan
  • iuran bpjs kesehatan
  • badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan
  • jkn
  • jaminan kesehatan nasional
  • defisit bpjs kesehatan
  • bpkp
  • Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional
  • denda pelayanan
  • perpres nomor 28 tahun 2016
  • perpres nomor 82 tahun 2018

Infografis Terkait