Lihat Semua : infografis

Penguatan Tenaga Kesehatan dalam Upaya Pengendalian COVID-19


Dipublikasikan pada 4 months ago / Riset, Rumah Konten / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 283


Indonesiabaik.id   -   Seiring dengan meningkatnya pasien COVID-19 di Indonesia serta telah diupayakan adanya penambahan ruang isolasi, penguatan tenaga kesehatan yang bertugas juga tak luput dari perhatian pemerintah. 

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putrato mengungkapkan, hingga kini total relawan tenaga kesehatan, Nusantara Sehat dan internsip yang sudah ditempatkan sebanyak 16.286 tenaga kesehatan, tersebar di RS COVID-19, laboratorium dan sarana kesehatan lainnya.

Dan dari jumlah tersebut, pemerintah masih menyiagakan tenaga tambahan sebanyak 3.500 dokter internship, 800 tenaga Nusantara Sehat, 685 tenaga relawan termasuk di dalamnya dokter spesialis paru, anestesi, penyakit dalam serta tenaga kesehatan lain seperti perawat, dokter umum dan lain sebagainya.

Sebelumnya, dalam mengendalikan COVID-19, Menkes mengungkapkan bahwa pemerintah akan terus menambah tempat untuk isolasi pasien COVID-19 baik bagi yang bergejala ringan maupun tanpa gejala. Penambahan juga akan dilakukan untuk tempat tidur ICU serta tenaga kesehatan.

Kerja keras itu terus dilakukan Pemerintah untuk menurunkan angka kematian yang mana rata-rata angka kematian di Indonesia menurun dari 4,49% menjadi 3,99%. Meskipun masih sedikit lebih tinggi dari rata-rata dunia yang 3,18%, setidaknya angka tersebut sudah menurun apabila dibandingkan seminggu sebelumnya yakni 4,2%.

Selain itu, pasalnya hingga 13 September 2020, presentase kasus aktif di Indonesia kisaran 25,02%, angka tersebut masih sedikit lebih tinggi rata-rata kasus aktif di dunia yang mencapai 24,78% persen.



Infografis Terkait