Positif Hamil di Tengah Corona Apa Risikonya ?

Yuli Nurhanisah , Abdurrahman Naufal

one month ago


   

Indonesiabaik.id -  Wabah virus corona seakan menjadi bencana yang dahsyat bagi seluruh dunia. Bagaimana tidak, virus yang berasal dari China itu menyebar dan menginfeksi manusia tanpa ampun di seluruh dunia dalam hitungan hari termasuk di Indonesia.

Angka Kehamilan Meningkat

Hingga kini, pemerintah masih mengupayakan segala cara guna menurunkan angka pasien positif terinfeksi, salah satunya dengan PSBB di berbagai daerah. Akan tetapi, Kebijakan pembatasan sosial, terutama pembatasan sosial berskala besar, di tengah situasi pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat tinggal di rumah juga berdampak besar terhadap meningkatnya angka kehamilan.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional mencatat, jumlah pengguna alat kontrasepsi menurun sekitar 40 persen selama pandemi Covid-19. Kondisi itu bakal menambah jumlah kehamilan. Dalam satu tahun, sekitar 4,8 juta orang melahirkan, sedangkan jika kehamilan dibiarkan dalam dua tiga bulan bisa naik sampai 5,6 juta kehamilan.

Bahaya Hamil di Tengah Pandemi

Saat ini, di tengah pandemi Covid-19 KTD memiliki dampak yang luas seperti meningkatkan kasus aborsi, meningkatkan risiko kematian ibu dan anak, anemia pada ibu hamil, malnutrisi pada ibu hamil dan janin, bayi lahir prematur, berat Bayi Lahir Rendah (BBLR) dan kurangnya kasih sayang dan pengasuhan karena anak tidak diinginkan.

Langkah Pemerintah

Untuk itu BKKBN Pusat dan Provinsi terus berupaya memastikan keberlangsungan penggunaan alat dan obat kontrasepsi selama masa krisis bencana Covid-19, seperti : Pelayanan KB bergerak, kunjungan ke PUS yang memerlukan kontrasepsi. Menurunkan angka putus pakai alat dan obat kontrasepsi sehingga mencegah KTD dengan cara : mengoptimalkan peran PKB/PLKB dan penggerakan Mobil Unit Penerangan KB ke masyarakat untuk KIE Pencegahan Covid-19. Selain itu, seluruh Keluarga Indonesia harus menjalankan Aksi 8 (delapan) Fungsi Keluarga (agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan lingkungan) agar terhindar dari paparan penyakit dan virus.

 



    Tag :
  • COVID-19
  • angka kehamilan meningkat
  • hamil di tengah pandemi
  • bahaya hamil di tengah pandemi
  • langkah pemerintah
  • BKKBN
  • yang muda suka data
  • Indonesiabaik.id.

Infografis Terkait