Lihat Semua : infografis

Rayakan Imlek Tetap Aman dengan DiRumahAja

Dipublikasikan pada 18 days ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 150


Indonesiabaik.id - Perayaan Imlek tahun ini akan jatuh pada 12 Februari 2021 di mana masih dalam situasi pandemi Corona COVID-19. Bagi masyarakat yang merayakan bisa menikmati Tahun Baru Cina kali ini dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Perayaan Imlek di Tengah Pandemi

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, serta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memberikan imbauan terkait perayaan Imlek 2021 di masa pandemi.

Himbauan Menteri Kesehatan

Menkes mengimbau kepada seluruh umat Konghucu di Indonesia untuk merayakan tahun baru Imlek ini bersama-sama dengan keluarga di rumah. Kebiasaan untuk berkumpul dan bersilaturahmi bisa dilakukan dengan cara-cara kekinian (virtual) sebagai bentuk kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Bagi-bagi Angpao Virtual #dirumahaja

Selain itu, perayaan Imlek yang kerap identik dengan pembagian angpau juga tidak kalah imbauannya. Mengingat kondisi negara saat ini masih dilanda pandemi virus Corona, disarankan bagi-bagi angpau dilakukan dengan cara ditransfer atau memanfaatkan ojek online atau ojol.

Imlek Virtual #dirumahaja

Pada perayaan Tahun Baru Imlek kali ini, umat Konghucu bisa menggelar acara perayaan secara virtual misalnya menyaksikan penampilan barongsai melalui saluran YouTube atau secara online. Cara-cara baru tersebut tidak akan menghilangkan makna dari Imlek sebagai hari raya keagamaan umat Konghucu. Di samping itu, cara baru ini sesuai dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.



Infografis Terkait