Lihat Semua : infografis

Sajian Makanan yang Harus Ada, Saat Sambut Hari Raya

Dipublikasikan pada 2 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, -


Indonesiabaik.id - Di tengah pandemi COVID-19, lebaran tahun ini memiliki suasana berbeda. Meski tak ada silaturahmi atau salam-salaman, momen lebaran di rumah aja bisa tetap meriah. Ada ragam kue, makanan utama, hingga dessert yang bisa menemani lebaranmu di rumah saja.

Kembali ke menu masakan khas Lebaran, dengan membuatnya sendiri di rumah pasti rasanya akan jauh lebih enak dan pastinya kebersihannya akan terjamin. Berikut makanan yang harus ada saat rayakan hari raya di rumah. Dijamin bakal bikin momen Lebaranmu semakin berkesan!

Jenis Makanan Lebaran

  1. Ketupat dan Opor Ayam

Suasana Lebaran hampir kurang lengkap jika tanpa dua hidangan ini, ketupat dan opor ayam. Menurut asal-usulnya ternyata kedua hidangan ini telah menjadi hidangan khas Lebaran sejak zaman Sunan Kalijaga di abad ke-15. Dua hidangan ini dianggap filosofis karena ketupat sendiri berarti ‘ngaku lepat’ atau mengakui kesalahan. 

  1. Sambal goreng ati

Sebagai pendamping opor ayam, sambal goreng ati selalu disajikan saat Lebaran setiap tahunnya. Cita rasa sambal goreng ati yang pedas akan menyeimbangkan rasa santan opor ayam yang gurih. Sesuai namanya, hidangan ini berupa olahan kentang dan ati sapi yang digoreng terlebih dahulu baru kemudian dimasak dengan sambal goreng.

  1. Rendang daging

Sajian hidangan Lebaran tidak akan sempurna tanpa adanya rendang daging di atas meja makan. Rasa rendang yang sudah mendunia akan membuat sajian khas Lebaran yang disuguhkan terasa lebih nikmat.

  1. Sayur lodeh

Sayur lodeh bisa menjadi pendamping yang pas untuk ketupat. Anda bisa memilih sayur lodeh sesuai favorit, dari mulai : nangka, labu siam, kacang panjang, terung atau yang lainnya.

Jenis Kue Lebaran

  1. Kue Kastangel

Kue Kastangel merupakan kue kering yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan juga parutan keju. Kue yang berbentuk lonjong seperti stick atau batang dengan taburan parutan keju chedar diatasnya ini menjadi salah satu kue favorit untuk hari raya besar seperti hari raya Idul fitri dan Idul Adha.

  1. Kue Putri Salju

Kue yang berbentuk bulan sabit berwarna putih dengan cita rasa manis. Kue ini terbuat dari adonan tepung, margarin, telur, gula halus, dan bahan lainnya ini sangat mudah kita temui di hari Lebaran.

  1. Kue Nastar

Kue nastar, kue berbentuk bulat dengan warna kuning keemasan mengkilap di permukaan atasnya. Berisi selai nanas yang manis dan gurih dan terkadang ada hiasan cengkeh diatasnya. Terbuat dari adonan tepung dan margarin dengan teknik spesial saat pembuatannya, membuat kue ini saat dimakan begitu gurih, manis, dan lembut di mulut.

  1. Kacang-kacangan

Saat lebaran, kacang biasanya disajikan sebagai pelengkap kue kering yang manis seperti kacang bawang, kacang tanah goreng, dan kacang mete



    Tag :
  • kuliner lebaran
  • sajian makanan khas lebara
  • camilan saat lebaran
  • sambut hari raya
  • Hari Raya Idul Fitri 1441 H
  • yang muda suka data
  • Indonesiabaik.id.

Infografis Terkait