Sakit Maag Jangan Makan Ini Selama Puasa

Siap Bangun Negara , Gemawan Dwi Putra

6 months ago



Indonesiabaik.id - Telat makan dan perut kosong adalah pantangan besar bagi penderita maag. Namun di saat bulan Ramadan, umat Muslim diwajibkan untuk tidak makan selama 14 jam. Lalu bagaimana dengan penderita maag? Bolehkah berpuasa? Jawabannya boleh. Namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Bagaimana agar penderita maag tetap sehat dan bugar menyelesaikan puasa Ramadan? Pertama adalah tetap melaksanakan sahur dan buka puasa; Tetap minum obat bagi yang berpenyakit kronis; Tetap melakukan ibadah salat tarawih; Banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan; Banyak minum air waktu buka sampai sahur; Jumlah tidur yang cukup, tidak berlebihan.

Sementara ada beberapa makanan dan minuman yang perlu menjadi perhatian dan bila perlu harus dihindari: (1) Hindari makanan yang banyak mengandung gas, seperti makanan berlemak, sayuran sawi dan kol, buah nangka dan pisang ambon, makanan berserang (kedondong), buah yang dikeringkan, dan minuman yang mengandung soda; (2) Hindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung, seperti kopi, minuman beralkohol, anggur putih, sari buah citrus, dan susu full cream.

Berikutnya: (3.) Hindari makanan yang sulit dicerna, yang dapat memperlambat pengosongan lambung, seperti kue tart dan keju; (4) Hindari makanan yang secara langsung merusak dinding lambung, seperti yang mengandung cuka, pedas, merica dan bumbu yang merangsang; (5) Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah antara lain alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak dan gorengan; dan/atau (6) Beberapa sumber karbohidrat yang perlu dihindarkan beras ketan, mi, bihun, jagung, ubi singkong, talas, serta dodol.



    Tag :
  • infografis
  • yang muda suka data
  • sakit maag
  • makanan yang harus dihindari orang berpenyakit maag
  • puasa bagi orang berpenyakit maag
  • tips makanan bagi orang berpenyakit maag selama puasa

Infografis Terkait