Lihat Semua : infografis

Sejumlah Inovasi Digital Baru Selama Pandemi

Dipublikasikan pada 2 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 195


indonesiabaik.id - Sejumlah aplikasi dan program dalam jaringan diluncurkan untuk penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia. Aplikasi itu dinilai memberi kemudahan bagi masyarakat, seperti melacak kawasan rawan COVID-19 hingga memberi konsultasi kesehatan.

Apa saja ya aplikasinya?

  1. Peduli Lindungi

Aplikasi ini merupakan hasil inovasi oleh Kemkominfo, Kemenkes, Kementerian BUMN, BNPB, Telkom Indonesia yang berfungsi melacak penyebaran COVID-19 dan mendata pergerakan pasien COVID-19 selama 14 hari

  1. 10 Rumah Aman

Inovasi ini dibuat oleh Kemkominfo dan Kantor Staf Presiden untuk memantau persebaran COVID-19 di sekitar rumah, pecatatan suhu tubuh secara berkala oleh komunitas serta tersedia informasi langkah pencegahan dan penanganan COVID-19

  1. Bersatu Lawan COVID-19

Kemenkes bersama BNPB bersama membuat inovasi baru bernama Bersatu Lawan COVID-19 dalam rangka memberikan akses data resmi bagi masyarakat serta memberikan data kependudukan, kesehatan dan logistik.

  1. Chatboth Whatsapp

Inovasi yang dibuat oleh Kemkominfo, Facebook beserta Telkom Grup ini berguna untuk penanganan penyebaran hoax COVID-19

  1. Curhatin

Layanan konsultasi psikologi dengan pakar psikologi yang dilakukan via kirim pesan, telepon, dan vidcall, ada juga tips antistres, metode stress healing, stress monitoring, dan pencatatan jurnal pribadi. Hasil inovasi keren ini dibuat oleh anak bangsa dari mahasiswa ITS. Keren ya!

  1. Sejiwa

Berisi layanan penanganan masalah psikologi akibat pandemi COVID-19, serta layanan konseling dan edukasi kepada masyarakat terdampak. Inovasi untuk mengatasi masalah mental ini merupaka  hasil buatan Kantor Staf Presiden bersama Kementerian PPA, Kemenkes, Gugas COVID-19, HIMPSI, PT Telkom, serta Infomedia.



Infografis Terkait