Selamatkan Nyawa, Hindari Lahar Dingin Gunung Berapi

  • Selamatkan Nyawa
  • Hindari Lahar Dingin Gunung Berapi
Mas Bon,RM Ksatria Bhumi Persada

9 days ago

59

dilihat

Selamatkan Nyawa, Hindari Lahar Dingin Gunung Berapi

Indonesiabaiks.id - Lahar dingin adalah materi letusan gunung api (abu, kerikil, pasir, bebatuan) yang tersapu air hujan di hulu, dan mengalir turuni lereng ke arah hilir.

Waspadai lahar dingin setelah terjadinya letusan vulkanik gunung api. Lahar dingin sangat berpotensi terjadi dan wajib dihindari.

Lahar dingin datang dengan pertanda adanya suara gemuruh dan aliran air deras. Suara gemuruh yang datang berasal dari suara benturan antar batu dari lahar dingin. Lalu, biasanya akan terdengar sirine atau komando tanda bahaya.

Lahar dingin tak dapat diatasi, namun wajib dihindari. Apabila terjadi lahar dingin, masyarakat dilarang berjalan atau melarikan diri sepanjang arah aliran sungai dan menyebrangi jembatan atau badan sungai. Masyarakat dilarang mencari tahu atau menunggu sumber gemuruh terlihat sebelum mengevakuasi diri. Selamatkanlah diri secepatnya.

Dalam menghindari lahar dingin, masyarakat harus memahami rute jalan yang jauh dari sungai. Segera lah berlari sejauh mungkin dari sungai. Selamatkan nyawa, jangan mengutamakan harta benda.

 



Infografis Terkait