Siaga Potensi Tsunami!

Mas Bon,RM Ksatria Bhumi Persada

one month ago

56

dilihat

Siaga Potensi Tsunami!

Indonesiabaik.idSebagai negara yang berada di pertemuan tiga lempeng tektonik utama dunia, yakni Lempeng Eurasia, Indo-Australia dan Pasifik, menjadikan Indonesia sebagai negara yang rawan terkena ancaman bencana tsunami.

Sejak tahun 1629 hingga 2016 tercatat, Indonesia telah mengalami 175 kali tsunami, dan yang paling parah terjadi saat tahun 2004 ketika terjadi tsunami di Aceh dan sekitarnya yang menewaskan ribuan korban jiwa.

Karena letak Indonesia tersebut, saat ini terdapat 157 juta jiwa di 386 kota yang berada di daerah yang rawan terkena tsunami. Untuk itu diharapkan masyarakat pesisir agar siaga bila terjadi gempa di wilayahnya.

Masyarakat dapat mengetahui adanya informasi bencana bisa melalui jaringan radio atau media elektronik. Perhatikan di sekitar bibir pantai, bila mendadak air mengalami surut, segeralah untuk menjauh dan segera mencari daratan atau tempat yang lebih tinggi, seperti diatas 30 meter.

Jangan pernah mencoba untuk membahayakan diri dengan ingin melihat tsunami atau ingin berfoto selfie (swafoto). Lebih baik selamatkan diri yang utama.



Infografis Terkait