Lihat Semua : infografis

Siap Daftar Sekolah Kedinasan ?

Dipublikasikan pada 3 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, - /   View : 402


Indonesiabaik.id-  Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah membuka pendaftaran  Sekolah Kedinasan tahun 2020. Pendaftaran dibuka mulai 8-23 Juni 2020 melalui laman resmi sscasn.bkn.go.id. Sebelum melakukan pendaftaran, ada hal-hal yang harus disiapkan oleh pelamar sebagai salah satu persyaratan. Apa saja persyaratannya?

Dokumen yang Disiapkan Daftar Sekolah Kedinasan

Mengutip Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020, setidaknya ada lima dokumen yang harus disiapkan. Dokumen tersebut adalah, kartu keluarga, KTP elektronik (Kartu Tanda Penduduk), ijazah, rapor SMA/sederajat, dan pas foto.

Ada juga beberapa dokumen lainnya yang mesti disiapkan. Dokumen tersebut adalah dokumen sesuai dengan permintaan dan ketentuan instansi sekolah kedinasan yang dituju. Sebelum melakukan pendaftaran, peserta diwajibkan membuat sebuah akun akses SSCASN yang bisa dilakukan di https://dikdin-daftar.bkn.go.id/akun

Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan

Bagaimana alur pendaftarannya? Berikut ini alur lengkap pendaftaran sekolah kedinasan yang dikutip dari Buku Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2020:

  1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN di alamat: https://sscasn.bkn.go.id
  2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id
  3. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
  4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian
  5. Pelamar memasukkan Nilai
  6. Pelamar melengkapi Biodata
  7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan
  8. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (Resume)
  9. Pelamar mengklik Kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah
  10. Pelamar mengecek hasil verifikasi
  11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi.
  12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian
  13. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi
  14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi
  15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait proses selanjutnya



Infografis Terkait