Lihat Semua : infografis

Skema Pengalihan Lalu Lintas untuk Adang Pemudik Jabodetabek

Dipublikasikan pada 4 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 448


Indonesiabaik.idPemerintah telah menerapkan aturan pelarangan mudik untuk memutus rantai penularan virus corona Covid-19 yang dimulai hari Jumat (24/4). Larangan mudik ini berlaku di semua wilayah yang menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), termasuk Jabodetabek.

Skema Pengalihan Lalu Lintas

Total, lebih dari 13 titik di Jabodetabek disekat kepolisian agar pemudik tak bisa melanjutkan perjalanan. Nantinya aparat akan menyampaikan kepada para pemudik bahwa mereka harus kembali ke titik asal perjalanan.

Skema ini akan diterapkan dengan ketat untuk seluruh kendaraan pribadi. Jika nantinya masih ditemui ada pemudik yang nekat pulang kampung maka tidak dibolehkan melanjutkan perjalanan. Dari data Korps Lalu Lintas Polri, berikut beberapa penyekatan yang dilakukan aparat di sekitar Jabodetabek:

1. Simpang Susun Cawang

- Penutupan Tol Dalam Kota menuju Cikampek, di mana arus lalu lintas dari Tol Dalam Kota menuju Cikampek dialihkan ke Tol Ir Wiyoto Wiyono Atau Tol Jagorawi.

- Penutupan Tol Ir Wiyoto Wiyono menuju Cikampek, di mana arus lalu lintas dari arah Tol IR Wiyoto Wiyono menuju Cikampek dialihkan ke Tol Jagorawi atau Lingkar Dalam Cawang arah Tomang.

2. Cikunir

- Penutupan arus lalu lintas tol dari arah Cawang menuju Cikampek melalui tol layang elevated.

- Penutupan arus lalu lintas dari tol arah Pondok Indah menuju Cikampek melalui tol layang elevated.

- Penutupan arus lalu lintas tol dari arah Pluit-Rorotan menuju Cikampek melalui tol layang elevated.

- Penutupan arus lalu lintas tol dari arah Cawang menuju Cikampek akan dikeluarkan di Gerbang Tol Bekasi Barat dan sebaliknya.

3. Bekasi Barat

- Arus lalu lintas dari arah Tol Cawang menuju Cikampek dialihkan keluar Tol Bekasi Barat menuju Jalan Jenderal Ahmad Yani dan Jalan KH. Noer Ali.

- Arus lalu lintas dari arah Bekasi Barat menuju Cikampek ditutup.

4. Jagorawi

- Arus lalu lintas dari Tol Lingkar Luar menuju Bogor ditutup dan dialihkan ke Lingkar Dalam Cawang.

- Arus Lalu Lintas dari arah Cawang menuju Bogor dialihkan ke Tol Cinere-Jagorawi.

5. Tomang

Penutupan Tol Dalam Kota Menuju Merak: Arus Lalu lintas dari Tol Dalam Kota menuju Merak dialihkan ke Tol Pluit-Tomang.

6. Cakung

Arus kendaraan dari arah barat dan utara menuju Bekasi atau Jawa mulai dari Coca Cola-Jalan Perintis Kemerdekaan-Kelapa Gading-Warung Jengkol (Terminal Bus Pulo Gadung)- Jalan Sultan Hamengku Buwono-Pupar-Jalan Raya Bekasi-Pasar Cakung-Pos Pam Penyekatan Cacing (bawah jalan tol) dialihkan dan putar balik di U-Turn, lalu kembali ke arah barat atau Jakarta, atau dialihkan belok kanan menuju Jalan Komarudin arah Pulo Gebang.

7. Kalideres

- Masyarakat yang ingin mudik di Terminal Bus Kalideres dari arah Tangerang diputarbalikkan ke arah Tangerang di U-Turn Komplek Kodim

- Masyarakat yang ingin mudik di Terminal Bus Kalideres dari arah Grogol diputarbalikkan kembali ke Grogol di U-Turn Pasari

- Masyarakat yang ingin mudik dari arah Jalan Outer Ring Road Kembangan menuju Terminal Bus Rawa Buaya (Portal Terminal Ditutup Koordinasi dengan Dishub) harus putar balik.

8. Kalimalang

- Arus Kendaraan dari arah barat menuju Bekasi atau Jawa di lampu merah Halim Lama-Jalan Raya Kalimalang-lampu merah Borobodur-Pos Pam Penyekatan lampu merah Pangkalan Jati dialihkan belok kiri ke arah Jalan Pondok Bambu

- Arus Kendaraan dari Pondok Gede atau Jati Waringin-Pos Pam Penyekatan di lampu merah Pangkalan Jati dialihkan belok kiri ke lampu merah Halim Lama menuju Jalan DI Panjaitan dan Jalan Pondok Bambu

9. Pasar Rebo

- Arus dari selatan atau Bogor dan Depok menuju Jakarta melewati lampu merah Cibubur-lampu merah Keog-lampu merah Graha Cijantung-Pos Pam penyekatan lampu merah Pasar Rebo harus putar balik ke arah selatan.

- Arus dari utara atau Kramat Jati menuju Bogor dan Depok melewati lampu merah PGC Cililitan-lampu merah Hek-Pos Pam Penyekatan lampu merah Pasar Rebo putar balik kembali ke arah utara.

- Arus dari arah timur atau Cipayung dan Kampung Rambutan menuju Bogor dan Depok lurus sampai Pos Pam Penyekatan lampu merah Pasar Rebo harus putar balik ke arah Kramat Jati.

- Arus dari arah barat Caglak menuju Bogor dan Depok melewati lampu merah Rindam-Pertigaan Cablak-Pos Pam Penyekatan lampu merah Pasar Rebo dialihkan belok kiri ke arah Kramat Jati.

10. Kebon Jeruk

- Arus kendaraan yang mengarah ke Bandara dikeluarkan di Gerbang Tol Kebon Jeruk menuju Kedoya Baru.

- Kendaraan yang mengarah keluar Tangerang dikeluarkan menuju Jalan Perjuangan.

11. Simpang Susun Kembangan

Arus kendaraan yang mengarah ke Merak dari arah Jakarta diarahkan ke Tol Jorr menuju arah balik ke Jakarta.

12. Bypass Bekasi

Arus kendaraan menuju Jalur Pantura dari arah Jakarta yang melewati Jalan Bypass Bekasi dialihkan menuju arah Polres Metro Bekasi Kota, lanjut ke Kalimalang hingga kembali ke Jakarta.



    Tag :
  • larangan mudik
  • skema pengalihan lalu lintas
  • 13 titik larangan mudik
  • arus lalu lintas
  • Korps Lalu Lintas Polri
  • yang muda suka data
  • Indonesiabaik.id.

Infografis Terkait