Stunting Ancam Daya Saing Bangsa

Siap Bangun Negara , Chyntia Devina

one month ago



Indonesiabaik.id - Pembangunan manusia menjadi prioritas pemerintahan 2019-2024, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo Menciptakan bangsa yang unggul menjadi harapan terbesar. Untuk itu, salah satu poin yang kini mendapat penekanan adalah masalah kesehatan anak bangsa.

Di antaranya sejumlah masalah kesehatan di negeri ini, stunting atau kekerdilan mendapat sorotan besar. Di era pemerintahan saat ini, stunting merupakan masalah kesehatan yang diupayakan penurunan angkanya secara serius. Kolaborasipun dilakukan antarkementerian dan lembaga.

Mengapa angka stunting harus ditekan? Diungkapkan dalam penelitian Ricardo dalam Bhutta pada 2013, balita stunting berkontribusi terhadap 1,5 juta (15%) kematian anak balita di dunia dan menyebabkan 55 juta anak kehilangan masa hidup sehat setiap tahun.

Ancaman tersebut disadari pemerintah saat ini. Alhasil, persoalan stunting menjadi salah satu PR besar yang harus diselesaikan. Sekretaris Ditjen Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, Eni Gustina menegaskan, stunting menjadi prioritas di bidang kesehatan karena menyangkut produktivitas bangsa ke depannya

Stunting itu kegagalan pertumbuhan dan perkembangan. Karenanya, yang kita khawatirkan adalah perkembangan otak anak. Sebab itu tidak bisa kita perbaiki. Meski berat anak stunting bisa diintervensi dan kembali normal, tinggi badan juga terkejar, tapi perkembangan otak sulit dikejar.

Itu sebabnya, tidak bisa tidak, Eni menandaskan, stunting harus segera di atasi. Apalagi, pada 2030 Indonesia akan menghadapi bonus demografi. Jika anak-anak Indonesia semakin banyak yang terlahir stunting, maka Indonesia tidak bisa menggunakan kesempatan bonus demografi ini untuk mengejar ketertinggalan di segala aspek. Karenanya kita harapkan anak-anak tumbuh berkualitas. Kalau stunting, nggak cerdas, nggak bisa punya daya pikir hebat, nggak insiatif yang bisa bersaing dengan orang besar. Makanya stunting disebut ancaman besar bagi bonus demografi mendatang kalau tidak segera ditekan.



    Tag :
  • infografis
  • yang muda suka data
  • kementerian kesehatan
  • stunting
  • pencegahan stunting
  • ancaman stunting
  • rpjmn 2019-2024
  • penanganan stunting

Infografis Terkait