Sudah Cukupkah Waktu Tidurmu Setiap Hari?

Siap Bangun Negara , Oktanti Putri Hapsari

6 days ago



Indonesiabaik.id - Hasil survei menyebutkan bahwa masyarakat (usia dewasa/produktif) Asia termasuk Indonesia masih banyak yang kurang tidur. Berapakah jumlah waktu tidur yang cukup sesuai usia?

Survei AIA terhadap 5.000 responden di China, Hongkong, Thailand, Malaysia, dan Singapura pada Mei-Juli 2019 pun menunjukkan rendahnya derajat kesehatan tidur masyarakat Asia.

Sebanyak 55 persen responden mengaku tidur malam kurang dari enam jam per hari dan 69 persen responden mengaku tidak puas dengan durasi tidur mereka. Selain itu, 62 persen responden khawatir dengan kondisinya yang tidak cukup tidur atau berharap tidur lebih lama.

Sementara itu, tim Honestdocs telah melakukan survei terhadap 2.944 responden mengenai pola tidur masyarakat Indonesia. Responden yang berpartisipasi terdiri dari 68% wanita dan 32% pria yang sebagian besar tergolong usia produktif, yaitu 18-24 tahun.

Dari seluruh responden yang terlibat, ternyata lebih dari dua pertiga masyarakat Indonesia terbukti mengalami kurang tidur. Hal ini dapat dilihat bahwa berdasarkan lama tidurnya, sekitar 23% responden hanya tidur 6 jam setiap malam.

Ada juga yang hanya tidur selama 5 jam (17%) dan 8 jam (17%). Sementara itu, sebanyak 16% responden lainnya mengaku terbiasa tidur selama 7 jam setiap hari. Terlihat jelas bahwa hanya sedikit orang yang memiliki durasi tidur ideal, yaitu minimal 7 jam setiap malam.

Lebih lanjut, tim Honestdocs mencari tahu pola tidur berdasarkan jenis kelamin. Kira-kira, manakah yang memiliki durasi jam tidur lebih banyak, pria atau wanita? Tim Honestdocs menemukan bahwa wanita cenderung lebih cukup tidur daripada pria. Buktinya, sekitar 43% wanita setidaknya menghabiskan waktu minimal 7 jam tidur setiap malam. Di sisi lain, hanya 37% pria yang memiliki durasi tidur yang sama.

Bila diurai satu persatu, sebanyak 26% pria mengaku hanya tidur 6 jam setiap malam. Sementara itu, ada 23% wanita di Indonesia yang terbiasa tidur 6 jam setiap hari. Hal ini menunjukkan bahwa pria cenderung lebih rentan kurang tidur daripada wanita. Pertanyaannya, berapa jumlah waktu kecukupan tidur berdasarkan usia?

Menurut Kementerian Kesehatan: Usia 0-1 bulan atau bayi yang usianya baru mencapai 2 bulan, umumnya membutuhkan tidur 14-18 jam setiap hari. Lalu usia 1- 18 bulan, bayi membutuhkan waktu tidur 12-14 jam setiap hari termasuk tidur siang. Tidur cukup akan membuat tubuh dan otak bayi berkembang baik dan normal.usia 3-6 tahun. Kebutuhan tidur yang sehat di usia anak menjelang masuk sekolah ini, mereka membutuhkan waktu untuk istirahat tidur 11-13 jam, termasuk tidur siang. Lalu usia 6-12 tahun membutuhkan waktu tidur 10 jam. Lantas usia 12-18 tahun, kebutuhan tidur yang sehat adalah 8-9 jam. Berikutnya usia 18-40 tahun membutuhkan waktu tidur 7 - 8 jam setiap hari. Adapun bagi lansia, kebutuhan tidur terus menurun, cukup 7 jam perhari. Demikian juga jika telah mencapai lansia yaitu 60 tahun ke atas, kebutuhan tidur cukup 6 jam per hari.



    Tag :
  • infografis
  • yang muda suka data
  • kementerian kesehatan
  • waktu tidur orang Indonesia
  • kebutuhan tidur sesuai usia

Infografis Terkait