Tingkatkan Kualitas Pendidikan: Rehabilitasi/Renovasi Sekolah dan Madrasah

Yuli Nurhanisah , Chyntia Devina

2 months ago



Indonesiabaik.id - Berdasarkan amanat PP No.43/2019, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan guna mendukung proses belajar mengajar serta meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik, salah satunya melalui renovasi sekolah dan madrasah.

Seperti dilaporkan situs KemenPUPR, Kepala Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga, dan Pasar, Iwan Suprijanto, dalam sambutan pembukaan pelatihan yang dilaksanakan di Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta, menyatakan sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah mengamanatkan kepada Kementerian PUPR untuk mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan guna mendukung kualitas pendidikan yang lebih baik, serta meningkatkan fungsi pasar dalam mendukung kegiatan perekonomian masyarakat.

Perpres Nomor 43 Tahun 2019

Khusus untuk program renovasi sekolah dan madrasah tercantum dalam Pasal 4 Perpres Nomor 43 Tahun 2019. Di mana rehabilitasi atau renovasi prasarana perguruan tinggi, perguruan tinggi keagamaan Islam, dan satuan pendidikan dasar dan menengah dilakukan untuk menunjang proses belajar dan mengajar dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.

Untuk rehabilitas atau renovasi tersebut meliputi rehabilitasi atau renovasi prasarana perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi negeri Islam, hingga berbagai jenjang pendidikan hingga sekolah luar biasa yang mangkrak, konstruksi dalam pengerjaan, dan/atau rusak karena bencana alam, dan diselenggarakan oleh pemerintah daerah.

Berdasarkan Data Pokok Pendidikan, bangunan sekolah yang saat ini sedang dalam proses konstruksi sebanyak 1.936 unit, dimana 1.513 unit akan selesai di 2019 dan 423 unit akan selesai di 2020. Sementara untuk penanganan madrasah tercatat sebanyak 194 unit, dimana sebanyak 146 unit akan selesai di 2019 dan 48 unit akan selesai di 2020. Paket pekerjaan fisik rehabilitasi/renovasi sekolah dan madrasah tersebar di 34 provinsi di Indonesia.



    Tag :
  • infografis
  • yang muda suka data
  • perpres nomor 43 tahun 2019
  • program rehabilitasi sekolah
  • program renovasi sekolah
  • kemendikbud
  • kementerian pupr

Infografis Terkait