Waspada Bencana Tanah Longsor

  • Waspada Bencana Tanah Longsor
Mas Bon,Tanayastri Dini Isna

one month ago

65

dilihat

Waspada Bencana Tanah Longsor

Indonesiabaik.id - Selain banjir, longsor juga kerap kali terjadi ketika musim hujan tiba. Penyebabnya adalah curah hujan yang tinggi di daerah perbukitan yang mengakibatkan struktur tanah menjadi labil. Karena itulah, untuk mengurangi dampak dari bencana tersebut, yuk simak tips-tips berikut ini!

Waspadalah jika curah hujan tinggi dan siapkan dukungan logistik. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk persiapan bila sewaktu-waktu Anda harus dievakuasi dari rumah. Selanjutnya, simak informasi dari radio mengenai potensi tanah longsor. Bila sudah ada prediksi longsor akan terjadi, bersiaplah untuk evakuasi diri dan keluarga.

Tanda-tanda akan terjadinya tanah longsor adalah terdengar suara gemuruh. Jika Anda di dalam rumah dan mendengar suara itu, segera ke luar dan cari tempat lapang dan tanpa penghalang. Namun, bila Anda sedang ada di luar, cepat cari tempat yang lapang dan perhatikan sisi tanah mana yang mengalami longsor. Yang paling penting, Anda harus selalu waspada pada kemungkinan longsor susulan!



Infografis Terkait