Yuk! Cek Deteksi Dini Risiko Covid-19 Secara Online

Yuli Nurhanisah , Abdurrahman Naufal

one month ago


   

Indonesiabaik.id- Masyarakat dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi telemedik atau telemedicine untuk upaya pencegahan dan penanganan COVID -19. Melalui telemedik, masyarakat dapat lebih siap secara dini dalam pencegahan dan penanganan menghadapi penyakit yang disebabkan SAR-CoV-2 atau COVID – 19. 

Upaya Pemerintah

Kementerian Kesehatan telah bekerja sama dengan Aliansi Telemedik Indonesia (Atensi) memanfaatkan telemedik yang berbasis internet untuk memberikan beberapa pelayanan terkait virus korona atau penyakit COVID -19. Manfaat itu mulai penyediaan informasi sebagai upaya edukasi dan kesiapsiagaan hingga berkonsultasi secara interaktif atau online.

Melalui layanan yang diakses secara online dengan perangkat gawai dan komputer, berbagai informasi penting dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, seperti contoh cuci tangan yang benar, etika batuk maupun physical distancing.

Melalui layanan ini, masyarakat dapat meminimalkan kunjungan ke fasilitas kesehatan sehingga isolasi mandiri dan physical distancing dapat lebih efektif. Cara seperti ini diharapkan dapat membantu fasilitas kesehatan untuk lebih fokus terhadap penanganan pasien positif COVID-19.

Aplikasi Deteksi Dini Covid-19

Bagi masyarakat yang berisiko tinggi pengidap COVID – 19, layanan ini terhubung dengan fasilitas kesehatan terdekat maupun rumah sakit rujukan sesuai dengan protokol resmi pemerintah. Apa saja ya?

1. Grab & Good Doctor

Grab Indonesia dan Good Doctor Technology Indonesia (GDTI) menghadirkan layanan khusus pemeriksaan (screening) awal Covid-19. Layanan itu dilakukan dengan telekonsultasi atau tanya jawab online langsung dengan dokter. Mitra dokter akan merekomendasikan langkah penanganan virus yang harus dilakukan pengguna sesuai protokol Kemenkes.

2. Gojek & Halodoc

Sama halnya dengan Grab, Gojek dan Halodoc juga meluncurkan layanan telekonsultasi yang menawarkan penggunanya periksa Covid-19 untuk melakukan self assessment risiko COVID-19 hingga konsultasi online dari 20.000 dokter berlisesnsi di Halodoc.

3. Alodokter

Alodokter meluncurkan sebuah layanan digital yang mampu melakukan pengujian mandiri risiko tertular virus corona. Layanan digital ini berupa chatbot yang mampu melakukan interaksi cepat dalam menjawab pertanyaan seputar virus corona dan dapat diakses disini : https://corona.alodokter.com/cek-risiko-tertular-virus-corona-gratis

4. SehatQ

Dalam hal ini, SehatQ menyediakan fitur Cek Risiko Covid-19 sebagai tes mandiri melalui situsnya di sehatq.com, yang bisa diakses secara gratis.  Untuk mengakses tes mandiri ini, pengguna cukup membuka situs SehatQ, dan bisa langsung memanfaatkan fitur Cek Risiko Covid-19. Cek Risiko Covid-19 ini merupakan tes mandiri yang dikembangkan oleh tim dokter SehatQ sesuai panduan dari Kemenkes RI.

5. SehatPedia

Kementerian Kesehatan menyiapkan aplikasi SehatPedia untuk kebutuhan Self-Assessment risiko Covid-19.  Pertama, download aplikasi SehatPedia di Play Store. Kemudian, buka aplikasi dan pilih fitur Covid-19. Pilih menu Self-Assessment dan ikuti langkah-langkah Self-Assessment.



    Tag :
  • COVID-19
  • penanganan kesehatan covid-19
  • cek risiko terpapar covid-19
  • aplikasi online cek risiko covid-19
  • Kementerian Kesehatan
  • BNPB
  • yang muda suka data
  • Indonesiabaik.id

Infografis Terkait