Lihat Semua : infografis

Yuk! Cuci Masker Kainmu dengan Benar

Dipublikasikan pada 2 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 217


Indonesiabaik.id   -   Menjalani tatanan hidup yang baru atau new normal, memakai masker kain ketika keluar rumah menjadi hal wajib. Selain mencuci tangan dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), memakai masker menjadi salah satu upaya dalam pencegahan Covid-19.

Penggunaan Masker Kain

Badan Kesehatan Dunia atau WHO telah memperbarui berbagai panduan terkait Covid-19. Salah satunya adalah penggunaan dan cara mencuci masker non medis atau masker kain. Mengutip panduan terbaru WHO “Advice on the use of masks in the context of COVID-19: Interim guidance” keluaran 5 Juni 2020, satu masker kain hanya boleh digunakan oleh satu orang dan tidak boleh digunakan secara bergantian dengan orang lain.

Masker harus diganti ketika basah atau kotor. Lepas masker dari bagian samping tanpa menyentuh bagian depan masker. Jangan pegang wajah Anda usai melepas masker sebelum mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau menggunakan hand sanitizer.

Cara Mencuci Masker Kain 

Panduan WHO menyebutkan masker kain harus dicuci secara rutin dan digunakan dengan hati-hati, agar tidak terkontaminasi dari barang-barang lainnya. Jika ada bagian masker yang rusak atau bolong, lebih baik masker kain tidak digunakan kembali. 

Cucilah masker sesuai dengan kemampuan atau toleransi bahan kain tersebut terhadap air panas. Jika memungkinkan, cucilah masker menggunakan air dengan suhu 60 derajat Celcius menggunakan sabun atau deterjen.

Bahan polypropylene memiliki toleransi tinggi terhadap suhu air yang panas, mencapai 125 derajat Celcius. Cucilah masker tanpa menguceknya terlalu sering. Jika tidak ada air panas, cuci masker menggunakan sabun atau deterjen dengan air suhu ruangan. 

Kemudian, dilanjutkan oleh: 

  1. Merebus masker kain selama 1 menit, atau 

  2. Menguceknya selama 1 menit dalam larutan klorin 0,1 persen, kemudian bilas kembali dengan air suhu ruang.



Infografis Terkait