Jalan Panjang Pembangunan Jembatan Youtefa

Yuli Nurhanisah , Ananda Syaifullah

6 months ago


Indonesiabaik.id - Jembatan Youtefa yang sebelumnya bernama Jembatan Holtekamp telah diresmikan oleh  Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 28 Oktober 2019. Jembatan ini menjadi tonggak sejarah di tanah Papua yang bukan hanya simbol penting pemersatu bangsa, tetapi juga sebagai simbol pentingnya sebuah kemajuan untuk membangun Papua.

Tujuan Pembangunan

Pembangunan jembatan yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami di Provinsi Papua tersebut menjadi salah satu bukti komitmen Presiden Jokowi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia bagian Timur.

Dengan diresmikannya jembatan tersebut, nantinya waktu tempuh dari Kota Jayapura menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw akan lebih cepat dari semula sekitar 1,5 hingga 2 jam menjadi sekitar 30 - 45 menit saja. Selain meningkatkan konektivitas, Jembatan Holtekamp juga akan mendorong pengembangan Kota Jayapura ke Timur yakni ke arah kawasan Skouw.

Di kawasan perbatasan Skouw sebagai embrio pusat pertumbuhan ekonomi kawasan telah selesai dibangun PLBN dan dilanjutkan dengan pembangunan pasar. Keberadaan jembatan juga akan mengendalikan laju perkembangan Kota Jayapura di bagian Barat yang berupa pegunungan dan sangat beresiko merusak hutan sebagai daerah tangkapan air bagi keberlanjutan Kota Jayapura.

Perjalanan Pembangunan

Pembangunan Jembatan Holtekamp baru benar-benar dilakukan pada 2015, yaitu pada 9 Mei 2015. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Presiden Jokowi. Sebelumnya pembuatan pelengkung bentang tengah jembatan Holtekam sudah dilakukan sejak Juli 2017. Pengiriman box baja pelengkung dilakukan pada Desember 2017 lalu.

Selain itu, jembatan ini menerapkan pencahayaan pintar atau intelligent color lighting pada malam hari. Jembatan Holtekamp menggunakan 29 unit lampu ReachElite Powercore dan dikombinasikan dengan Vaya Flood RGB Medium Power sebanyak 125 unit. Instalasi tersebut telah dimulai pada akhir November 2018 dan melalui testing serta comissioning pada pertengahan Desember 2018. Seluruh pencahayaan intelligent lighting tersebut pun telah rampung menjelang akhir Desember 2018.

Selama empat tahun, pembangunan Jembatan Holtekamp dilakukan secara bertahap. Awalnya, pembangunan ditargetkan selesai pada September 2018. Namun, secara keseluruhan proyek pembangunan jembatan ini baru selesai pada Mei 2019, dengan pembangunan hampir 100 persen. Sempat ditargetkan diresmikan pada Juli 2019, akhirnya Jembatan Holtekamp baru diresmikan pada hari ini, 28 Oktober 2019.



    Tag :
  • infrastruktur papua
  • ikon baru Jayapura
  • jembatan youtefa
  • peresmian jembatan youtefa
  • pembangunan jembatan youtefa
  • tujuan pembangunan
  • perjalanan pembangunan
  • Kementerian PUPR
  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
  • yang muda suka data
  • Indonesiabaik.id.

Motion Grafis Terkait