[Motion Grafis] Di Momen Sumpah Pemuda, Generasi Milenial Siap Perangi Hoax

Abror Fauzi, Ananda Syaifullah

20 days ago

Indonesiabaik.id - Setiap tanggal 28 Oktober selalu diperingati sebagai hari Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda lahir dari sebuah kongres yang diadakan di Jakarta 27-28 Oktober 1928 oleh para pemuda pemudi dari berbagai perkumpulan pelajar di Nusantara.

Dari kongres tersebut, lahirnya sebuah ikrar sumpah pemuda sebagai perwujudan dari mempersatukan bangsa, bahasa dan cinta tanah air tanpa memandang suku, agama dan ras. Sekaligus membakar semangat untuk berjuang memerdekaan Indonesia dari penjajahan.

90 tahun ikrar sumpah pemuda telah berlalu, Indonesia pun telah lama merdeka dari penjajahan. Di momen sumpah pemuda kali ini, generasi muda saat ini atau lebih dikenal disebut generasi milenial (generasi yang lahir tahun 1980 hingga 2000) memiliki pemaknaan tersendiri mengenai sumpah pemuda.

Jika dikorelasi dengan kondisi kemajuan teknologi arus era komunikasi, maka ada dua makna yang bisa diambil. Semangat Persatuan untuk terus mempersatukan bangsa Indonesia telebih dari ancaman berita hoax dan ujaran kebencian yang terus semakin masif. Makna selanjutnya ialah memberikan bukti-bukti cinta terhadap bangsa Indonesia melalui karya-karya dan prestasi-prestasi yang nyata.



    Tag :
  • sumpah pemuda
  • bangsa
  • milenial
  • hoax
  • ujaran kebencian

Motion Grafis Terkait