[Motion Grafis] Monumen Kapsul Waktu Simpan Mimpi Anak Bangsa

Abror Fauzi, Ananda Syaifullah

3 months ago

Indonesiabaik.id - Monumen Kapsul Waktu yang menyimpan Indonesia 2015-2085 telah selesai dibangun. Monumen seluas 2,5 ha tersebut telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 16 November lalu. Lokasinya yang dekat dengan Bandara Mopah akan menjadikan monumen ini sebagai landmark baru kota Merauke yang dapat dilihat saat pesawat mendarat.

Bangunan yang memiliki lebar 17 meter, tinggi 8 dan panjang 45 meter ini menyerupai markas Avenger, yakni sebuah film fiksi asal Hollywood yang diproduksi oleh Marvel. Maksud dari bangunan ini menurut Presiden Jokowi supaya memiliki jiwa dan semangat yang sama dengan para Avenger.

Kemudian di dalam monumen tersebut tersimpan tujuh impian anak-anak bangsa dari 34 Provinsi yang ditulis. Ketujuh mimpi tersebut adalah satu, SDM Indonesia kecerdesannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia. Dua, masyarakat Indonesia menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius, dan menjunjung nilai-nilai etika

Tiga, Indonesia sebagai pusat pendidikan, teknologi, dan perbadan dunia. Empat, masyarakat dan aparatur pemerintah di Indonesia bebas dari perilaku korupsi. Lima, membangun infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia. enam, Indonesia sebagai negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik. Tujuh, Indonesia sebagai barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Monumen Kapsul Waktu sendiri cukup unik, bagian dalam monumen dihiasi relief mengenai perjalanan Republik Indonesia, Pancasila, serta kebudayaan Papua. Selain menjadi raung terbuka publik dan lokasi wisata bagi masyarakat Merauke. Monumen Kapsul Waktu diyakini akan membangkitkan pertumbuhan ekonomi lokal.



    Tag :
  • monumen kapsul waktu
  • markas avenger
  • merauke
  • bandara mopah
  • Infrastruktur

Motion Grafis Terkait