[Motion Grafis] Teknologi di Era Digital Berkembang Pesat

Abror Fauzi, Ananda Syaifullah

one month ago

Indonesiabaik.id - Perkembangan era digital saat ini ditandai dengan semakin masifnya penetrasi media sosial dalam berbagai aspek kehidupan ekonomi, politik, budaya dan pertahanan keamanan. Fenomena ini merupakan konsekuensi perubahan ola komunikasi, dari cara-cara dan media konvesional menuju digitalisasi komunikasi dengan menggunakan kanal media sosial kekinian.

Era digital yang ditandai dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terus berlangsung dan berkembang begitu cepat dan semakin canggih. Dimulai dari ditemukannya Bluetooth (2001), Mozilla (2002), Skype (2003), MySpace (2003), Facebook (2004), Youtube (2005), Twitter (2006), Apple iPhone (2007), Google Android (2008), Apple iPad (2010), Instagram (2010), Google Glass (2012), Sophia the artificial intelligence robot (2015), Tesla Model 3 (2016) dan kedepan diprediksi akan terus berkembang inovasi teknologi baru lainnya.

Pemanfaatan teknologi terutama media sosial juga berperan dalam mengoptimalkan nilai tambah ekonomi dan membangun sinergi antar segenap komponen bangsa, dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, ditengah persaingan antara bangsa yang semakin tajam. Media sosial juga berdampak positif, ditandai dengan berkembangnya marketplace yang mempertemukan penjual dan pembeli, e-commerce, start up bisnis dll.

Namun disisi lain juga dapat kontra produktif, apabila ruang publik disesaki oleh informasi yang berseliweran melalui media sosial seperti hoax, informasi palsu, dan informasi keliru yang memiliki daya rusak yang dashyat karena penyebarannya sangat cepat tanpa batas dan mampu membangkitkan emosi yang sangat kuat.



    Tag :
  • teknologi
  • digital
  • media sosial
  • hoax
  • infromasi

Motion Grafis Terkait